10 Kebiasaan yang Membantu Anda Bahagia

Sesungguhnya bahagia itu mudah, karena bukan kapan, atau dimana, tapi saat ini pun kita bisa bahagia. Bahagia letaknya di pikiran kita, di perasaan kita, kalau kita memutuskan untuk bahagia, maka kita akan bahagia.

So, artikel ini tulis ulang dari lifehack, poin-poinnya saja btw, kalau yang sering browsing English article saya yakin dah pernah mengunjungi blog tsb. Tapi untuk Anda yang lebih suka artikel bahasa Tanah Air, berikut adalah 10 kebiasaan yang bisa kita terapkan sehari-hari agar bisa bahagia.

1. Berhenti belanja

Tahukah kenapa mindset kita kuat banget kalau bahagia itu ketika punya uang banyak? Ya ini salah satu faktor penyebab terkuatnya. Kita diajarkan dan dibiasakan sejak kecil kalau belanja itu bahagia. Akhirnya mindset kita terfokus ke uang untuk bahagia. Memang belanja itu bisa membuat kita senang, tapi hanya sementara, tidak bisa membeli kebahagiaan. Mungkin Anda perlu nonton film berjudul "Confessions of a Shopaholic".

Uang memang penting kawan-kawan, tapi bukan untuk menjadi konsumtif.

2. Olahraga, Latihan lebih sering

Orang sehat 20% lebih bahagia, ga perlu diperdebatkan deh, saya rasa Anda setuju. Tidak ada yang bisa menggantikan kesehatan.

Nah, ketika kita olahraga rutin, bisa dengan jogging, pergi ke gym, senam, dsb, kita akan membakar kalori, pada prosesnya, releasenya endorphines akan mendorong rasa bahagia.

3. Makan Pisang

Loh, apa hubungannya pisang dengan kebahagiaan. Ternyata pisang memiliki kandungan yang bisa menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini membantu kita untuk menjadi tenang, menghasilkan energi dan kekuatan pikiran untuk menghadapi hari-hari kita. Selain itu, pisang juga bisa menyehatkan kita, lagi, sehat membantu bahagia.

4. Rajin ke Tempat Ibadah

Rajin ke Masjid untuk yang Muslim, ke Gereja untuk yang Kristian, Ke Wihara, dsb, akan membuat mood kita bagus, kita lebih bisa memperbaiki emosi kita, melepaskan stres, bisa bertemu kerabat, dan akan semakin membuat kita bahagia. Untuk yang sulit ke tempat ibadah rutin, poin nomor 10 akan cocok untuk Anda.

5. Sukarela Membantu

Membantu dengan ikhlas orang yang lebih tidak beruntung dibanding kita, orang kurang mampu, dsb. Pasti Anda pernah dong merasakan bahagia setelah membantu orang lain?!

6. Nikmati Pertemanan

No doubt, Obrolan positif, tertawa, dan saling curhat bersama teman akan mmebuat kita lebih bahagia.

7. Membuat Rencana Harian

Jika Anda sering bingung, hari ini mau apa, maka sudah seharusnya mulai membuat catatan rencana harian. Ketika kita bisa mengurangi stres karena berpikir kita tidak menghasilkan apa-apa, akan berubah ketika kita bisa menchecklist poin yang harus kita lakukan hari ini. Ga percaya, coba deh! :)

8. Makan Makanan Sehat

Seperti dikatakan sebelumnya, semakin sehat kita, semakin baik metabolisme kita, akan semakin mudah untuk bahagia. Lebih banyak makan ikan, buah-buahan, dan menjauhi minuman yang tidak baik.

9. Matikan TV

TV penuh dengan gangguan, mempengaruhi mindset dan perasaan kita. Apalagi berita-berita negatif tentang politik, korupsi, kriminal, sinetron ga berkualitas, dan acara-acara murahan. Udah deh, matiin aja TV-nya.

Ganti dengan Musik, banyakin dengerin musik untuk menggantikan TV. Musik-musik jazz, nasyid, instrumen, atau lagu-lagu menghentak semangat, apapun itu yang Anda suka.

10. Meditasi

Dalam meditasi, kita bisa meraih frekuensi otak hingga frekuensi alpha, kira-kira begitulah. Nah, di frekuensi inilah kita bisa lebih mudah untuk intropeksi, bersyukur, memperbaiki mindset dan mood, dan pada akhirnya membuat kita bahagia.

Meditasi baik dilakukan pada pagi hari, untuk yang Muslim sangat baik pada waktu sepertiga malam ketika sholat tahajjud.

Nah, 10 kebiasaan tsb jika dilakukan serutin mungkin akan membantu kita untuk bahagia. Ga perlu menunggu kaya, menunggu punya jabatan tinggi, dst untuk membuat kita bahagia.

Semoga bermanfaat. Life is good my friends, Muha :)

0 Response to "10 Kebiasaan yang Membantu Anda Bahagia"

Post a Comment