Cara Mengecek Suhu CPU Laptop, + Cara Mendinginkan

Laptop Anda hangat ketika dipakai? Wajar. Laptop Anda panas? Sebaiknya mulai waspada, sedikit.

Laptop panas, terlalu panas, sampai melebihi batas suhu maksimal CPU, biasanya akan mengakibatkan laptop mati sendiri karena Overheat, kepanasan. namun tidak semuanya juga langsung mati sendiri.

Akibat laptop yang sering terlalu panas adalah komponen rusak!! ga peduli itu keyboard, touchpad, CPU/ prosesor, atau bahkan motherboard. So, jagalah jangan sampai laptop Anda kepanasan sampai TERLAALU.

Cara Mengecek SUHU/ Temperature CPU Laptop (dan PC)?

Download RealTemp di alamat berikut: http://www.techpowerup.com/realtemp/

Ekstrak menjadi folder, simpan di Disk C sebaiknya, buka folder RealTemp, klik dua kali icon dengan nama RealTemp yang berekstensi Application. Ga perlu install akan langsung bisa digunakan. Kalau permission keluar, tinggal klik Yes aja. Kira-kira seperti ini tampilannya.


Masing-masing CPU punya batas suhu max berbeda-beda. CPU laptop yang saya pakai untuk posting ini menggunakan Intel Sandy Bridge Pentium B970, suhu max 85 derajat celcius. Sedangkan untuk Anda yang laptopnya menggunakan Intel Core-i3, i5 and so on, biasanya batas max sekitar 90-100an derajat celcius.

Di gambar di atas menunjukan 67 derajat celcius, ini termasuk sangat tinggi. Faktornya adalah karena komponen yang udah mulai berumur, sistem pendinginan melemah, dan laptop saya sering running all day all night all week and all month.

Untuk laptop yang tidak terlalu memiliki background process berat dan laptopnya masih bagus, suhunya bisa sampai angka 30an bahkan berkisar di 20an dan max di 40an.


Ini SS dari netbook saya yang sudah berumur lebih dari 3 tahun, suhunya masih relatif rendah di bawah 50an.

Cara tau suhu maksimal prosesor laptop Anda tepatnya, Googling tipe prosesor, misal 'Intel Core i3-3110M', lalu buka halaman resmi Intel, atau notebookcheck juga boleh, nah nanti di daftar spesifikasi ada data Tjunction, itulah maksimal temperature CPU Anda.

Cara tau tipe prosesor yang digunakan laptop/ komputer Anda? Seriously?!
Bisa Anda buka Task Manager (Klik kanan di taskbar), atau buka System Properties dari Control Panel, atau kalau mau lihat semua tipe komponen yang digunakan, download app bernama SPECCY yang merupakan saudara CCLEANER, pernah denger kan?! Link Speccy: https://www.piriform.com/speccy/download pilih yang Free saja.

Berapa suhu normal, well, untuk laptop sepertinya sulit untuk mencapai 40 derajat kalau sudah tua, ya sekitar 50an lah dalam kondisi idle, kalau pakai kipas pendingin mungkin bisa sampai 40an. Kalau laptopnya baru sih bisa rendah banget, well, tergantung kelas laptop juga sih sebenernya.

Cara canggih lainnya adalah melalui teknologi Multitouch, caranya, tempelkan telapak tangan Anda ke bidang bawah laptop, kalau panas banget, baiknya istirahatkan dulu.

Cara Mendinginkan Laptopnya Bagaimana?

Solusi termudah, pakai COOLING PAD alias  docking kipas pendingin. Mau yang harga 50rb, 100rb, atau yang 400rb, it's up to you. Yang paling murah pun sudah cukup untuk pengguna umum, untuk yang gamer baiknya beli yang mahal, kipas kecepatan tinggi, dimensi besar, dan tetep sebaiknya yang silent.

Cara mendinginkan laptop lainnya adalah dengan menutup semua aplikasi/ program yang berjalan di background. Pengguna komputer awam biasanya punya START-UP program yang na'ujubilleh kalo kata orang Betawi, saking banyaknya.

Cara disable start-up program, yang juga bisa mempercepat komputer Anda, hmm... cara termudah pakai apa ya, kalau Anda pakai Windows 8 bisa langsung dari Task Manager, di menu Start-up. Kalau mau alternatifnya, download CCLEANER yang juga bisa digunakan untuk membersihkan registry yang tak terpakai, sisa file sementara yang menumpuk, uninstall program, dll. Link download: https://www.piriform.com/ccleaner

Okay, saya rasa cukup, kalau Ada yang tidak dimengerti, silahkan tinggalkan komentar. Akan saya jawab kalau saya bisa, kalau nda bisa, ya... gogling... :D Salam!! Peace!! (elmuha)

2 Responses to "Cara Mengecek Suhu CPU Laptop, + Cara Mendinginkan"

  1. Bagus artikelnya yang baca nga bikin ngantuk meskipun sudah jam 22.00 bahansanya ituloh.

    ReplyDelete
  2. A portion of the stores that we shop in today have a "no cash discount on merchandise" arrangement. You should take something of a similar esteem or lesser esteem that you had not proposed to purchase or had no utilization for.cooler

    ReplyDelete