4 Tips untuk Menjadi Penulis yang Super Produktif

Bahasa kerennya, Prolific Writer. Super productive writer. Penulis yang bisa menerbitkan ratusan buku, atau penulis blog yang bisa publish ribuan posting/ artikel.

Menjadi prolific writer pastinya menjadi idaman penulis-penulis muda yang masuk dalam dunianya orang-orang introvert ini. Eh, kok ngomongin introvert, entar deh lain waktu kita bahas kenapa kebanyakan penulis itu orang-orang introvert.

Bisa menerbitkan buku mungkin menjadi goal bagi penulis. Sedangkan bagi penulis online atau biasa disebut blogger, memiliki banyak pembaca setia adalah salah satu tujuan dan kebanggaan. Tapi ternyata, ga gampang menjadi penulis super produktif ini.

Dari banyak tips untuk menjadi penulis yang super produktif, berikut adalah poin yang menurut saya utama dan sangat penting. Here we go.

Rutin

Yang pertama adalah kita harus menulis secara rutin. Misal menulis perhari, atau kalau punya blog, rutin publish setiap hari Senin, atau hari lainnya. Atau kalau sudah melewati target, tingkatkan rutinitas menulis menjadi setiap jam-jam tertentu.

Menulis Kapanpun Dimanapun

Maksudnya sesibuk apapun kita, sesedih atau mungkin segalau apapun perasaan kita, tetap harus bisa menulis. Menulis ini bisa di media apa saja, catatan kecil, smartphone, tablet, laptop, atau buku agenda. Tak peduli apakah yang ditulis berbobot atau tidak, ada isinya atau tidak, intinya adalah kita membiasakan menulis dan meningkatkan kadar produktivitas kita.

Over-commit

Maksudnya adalah membuat komitmen yang di atas standar kita. Misal kita baru mampu menulis 1 artikel perhari, mungkin bisa ditingkatkan menjadi 2 artikel perhari. Ada penulis terkenal yang menargetkan dia harus bisa menulis 250 kata per 15 menit.

Selalu Belajar dan Membaca

Belajar bisa dari perantara apa saja, bisa dimana saja, bisa dari siapa saja. Sedangkan membaca bisa dari buku-buku bestseller, buku novel, majalah, koran, buku apapun dan bacaan apapun yang bisa menambah wawasan kita akan sangat mempengaruhi bagaimana dan kualitas kita menulis.

Dengan tips di atas, sangat mungkin nantinya kita menjadi prolific writer kelas nasional bahkan kelas dunia. Siapa sih ya ga pengen?!

Mungkin Anda memiliki tips penting lain untuk menjadi penulis produktif, tinggalkan komentar ya.

Foto: emu.edu

0 Response to "4 Tips untuk Menjadi Penulis yang Super Produktif"

Post a Comment