Cara Agar Bisa Bahagia, Inilah Kunci Kebahagiaan

Hallo,

Mencari kebahagiaan selama ini bagi banyak orang itu sulit, padahal sebenernya ga sulit-sulit amat loh. Sulit karena kebanyakan kita mengukur kebahagiaan dengan materi, dan memang tidak 100% salah. Menurut hasil penelitian, materi memang mempengaruhi kebahagiaan namun bukan kekayaan, hanya materi yang cukup. Peneliti menyimpulkan bahwa tidak ada penambahan rasa senang dan bahagia dengan pertambahan kekayaan di atas angka 15 juta perbulan. Jadi bisa kita simpulkan, materi itu membantu agar tidak miskin dan terpuruk dalam perasaan sedih, marah, dan kekecewaan.

Okay, di waktu kita mencari materi untuk menunjang hidup, kita harus melakukan dan membiasakan hal-hal lain yang bisa membuat kita bahagia abadi, bahkan ketika kita tak punya uang, tak punya rumah, kalau melakukan hal-hal berikut, pasti bisa bahagia, dalam artian bahagia yang sesungguhnya.

1. Selalu Melihat Sisi Positif

Bahkan pada kejadian yang negatif, pikiran kita harus mencari hikmah atau hal positifnya. Kalau kata lagu yang terkenal banget "Always Look On The Bright Side Of Life". Bahagia adalah sebuah pilihan, yang menentukan pilihan adalah cara berpikir kita. Jadi, kenapa kita tidak memilih untuk bahagia dengan berpikir tidak ada hal yang menyakitkan dari semua kejadian yang menimpa kita. Hal negatif dari kejadian memang tetap ada, karena itu yang perlu kita lakukan adalah memilih dan fokus pada apa yang baik dan positif.

2. Menghargai Setiap Keindahan

Banyak hal yang kita jumpai sehari-hari itu indah. Keindahan-keindahan yang ada di sekitar kita ini bisa dijadikan faktor untuk bahagia. Menghargai keindahan membuat kita bisa menikmati hidup, dan mengapresiasi betapa hidup ini memang indah. Kita bisa melihat kucing-kucing lucu, bunga-bunga indah, sunset atau sunrise yang menakjubkan, gerimis yang menentramkan hati, dan masih banyak lagi lainnya.

3. Berbuat Kebaikan

Mungkin kita sudah sering merasakan, ketika bisa berbuat baik kita merasa bisa membantu dan itu ternyata membuat kita senang. Jadi yang perlu kita tanamkan adalah, membantu membuat kita bahagia, memang merepotkan tapi setelah itu kita akan merasa bahagia.

4. Menikmati Alam

Sering-sering pergi ke tempat yang bisa membuat kita menikmati hijaunya alam, indahnya biru air laut, dan keindahan alam lainnya. Sering berada di alam terbuka dan alami ternyata bisa membuat kita bahagia, ga usah jauh-jauh sebenernya, untuk aktivitas harian, kita bisa menikmati taman kota, pepohonan di sekitar kompleks, atau taman dan kolam air di depan rumah kita. Pada waktu weekend ataupun akhir bulan bisa kita sempatkan pergi ke tempat yang agak jauh.

5. Rajin Berolahraga

Hal simpel dimulai dari banyak jalan kaki, jangan selalu mengambil kunci motor ketika kita akan keluar hanya untuk membeli minyak goreng misalnya. Lari pagi setiap beberapa hari dalam seminggu atau minimal seminggu sekali, senam kebugaran, dan bisa juga melakukan aktivitas yang bisa menggerakkan tubuh lebih sering, berkebun misalnya.

6. Beribadah

Bagi yang beragama, selain melakukan hal-hal wajib, kita bisa menambah intensitas ibadah dan mendekatkan diri pada tuhan. Waktu terbaik adalah pada saat orang lain tidur. Dalam melakukan ibadah, yang perlu kita lakukan adalah mencoba mendekatkan diri dan melakukan dengan ikhlas. Jika hanya melakukan ibadah karena alasan disuruh, atau lebih parah lagi untuk mendapat pujian orang, ibadah akan sulit memberikan kita makna sebenarnya.

Selain 6 kebiasaan di atas, banyak kunci yang harus kita tanamkan agar kita bisa bahagia, kunci-kunci kebahagiaan termasuk di dalamnya adalah kesenangan/ kegembiraan hidup, bersyukur, kedamaian, hobi dan minat, harapan, bangga, canda, inspirasi, ketakjuban, dan cinta.

Biasakan hal-hal di atas dalam hidup kita, maka bahagia bisa kita dapatkan.

photo by maximilianmann

1 Response to "Cara Agar Bisa Bahagia, Inilah Kunci Kebahagiaan"