Sony Xperia E3, Keren, Tapi....

Sony Xperia E3 diluncurkan berbarengan dengan hadirnya Z3 series sekitar bulan September tahun lalu. Jika dibandingkan dengan E1, spesifikasi yang diusung Xperia E3 naik cukup banyak.

E3 diposisikan sebagai smartphone Android Sony entry level dengan harga termurah dibanding seri Xperia lainnya. Meski termurah, namun harga dan spesifikasi Sony Xperia E3 setara dengan smartphone kelas menengah dari merk lain.

Harga Sony Xperia E3

Harga Sony Xperia E3
E3 dibandrol dengan harga 1.9 - 2.1 juta rupiah dengan perbedaan 100 rb untuk versi Dual SIM dan Single SIM. Harganya memang tidak begitu murah, rivalnya dari Samsung ada Core 2 dengan harga 1.8 juta, LG L Fino D295, Asus Zenfone 5, dan banyak lagi lainnya yang berharga 1.8 - 2 jutaan. Rival paling dekat dan paling setara adalah LG L Fino dengan perbedaan pada kamera dan kapasitas baterai.

Spesifikasi Sony Xperia E3

Menempati posisi seri smartphone termurah Sony, E3 tetap dibekali spesifikasi tangguh kelas menengah sehingga menjalankan banyak aplikasi akan tetap lancar.

Dimulai dari sektor layar, E3 menggunakan ukuran 4.5 inci resolusi 480 x 854 piksel berjenis IPS, layar ini memang tidak setajam layar HD namun sudah lebih dari cukup untuk menampilkan gambar yang jernih dan tajam. Tak ketinggalan, layar E3 juga sudah dilengkapi anti gores. E3 menggunakan Android KitKat sebagai standar, kemungkinan akan tersedia update ke Android Lollipop.

Beralih ke sektor hardware, E3 dibekali spesifikasi antara lain prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A7 Snapdragon 400 MSM8926-2, GPU Adreno 305, 1 GB RAM, dan 4 GB Internal Storage plus microSD slot.

Kamera Sony Xperia E3 nampaknya menjadi sedikit kelemahan meski tidak buruk juga. Di bagian belakang, terdapat kamera resolusi 5 MP dengan autofocus dan LED flash serta kemampuan rekam video 1080p. Di bagian depan, E3 hanya dibekali kamera dengan resolusi VGA atay 0.3 MP. Hal ini cukup disayangkan menimbang rivalnya kebanyakan sudah menggunakan kamera depan minimal 1 MP.

Spesifikasi Sony Xperia E3
Untuk urusan konektivitas, Sony Xperia E3 menggunakan jaringan GSM, 3G, hingga 4G. Akses internet dapat menggunakan jaringan GPRS, EDGE, 3G, serta HSPA. Koneksi super cepat tersedia 4G LTE 150/50 Mbps. Namun baiknya pastikan ketika Anda membeli, beberapa versi tidak dibekali jaringan 4G LTE.

Baterai sebagai penopang daya E3 berkapasitas 2330 mAh dengan ketahanan baterai yang diklaim irit. Meski begitu, daya tahannya masih cukup jauh jika dibandingkan dengan sang flagship, Z3 Compact.

Dengan komponen di atas, Sony Xperia E3 tetap memilikii body yang ramping dengan ketebalan hanya 8.3 mm serta dimensi 137.1 x 69.4 mm.

Secara keseluruhan, spesifikasi yang diusung Sony Xperia E3 sudah sangat memadai untuk banyak jenis aktivitas komputasi mobile. Tapi sayang, Sony nampaknya terlalu pelit untuk menyediakan kamera depan yang lebih superior. Jika Anda jarang menggunakan kamera depan, nampaknya tidak ada kelemahan yang serius dari Sony Xperia E3 ini.

0 Response to "Sony Xperia E3, Keren, Tapi...."

Post a Comment