Sinyal 3G HSDPA Tidak Stabil di Galaxy, Ini Salah Satu Solusinya

2 hari di Cikarang yang memiliki jaringan 3G sangat baik, ternyata sinyal 3G HSDPA/ HSPA+ di HP ga stabil, sering banget pindah ke EDGE, dan biasanya network langsung problem karena terlalu slow.

Setelah memikirkan bagaimana caranya, ini langkah yang saya ambil.

Sinyal saya tetapkan hanya WCDMA atau yang biasa kita dengar 3G Only, lebih tepatnya 3.5G Only. Lihat gambar di samping.

Dan ini berhasil. Sinyal jadi selalu di H dan H+ (HSDPA dan HSPA+). Hilang sinyal bar sangat jarang terjadi juga.

Bagi yang ga yakin bahwa di daerah situ sinyal 3G stabil cara ini mungkin kurang efektif ya karena nantinya, ketika sinyal 3G ga didapat, sinyal akan bener-bener kosong karena mengabaikan jaringan 2G (EDGE, GPRS). Tapi saya yakin untuk yang pakai Telkomsel sih aman-aman aja masuk ke daerah yang agak pelosok juga, mengingat jangkauan jaringan 3G Telkomsel sudah sangat amat luas.

Sedangkan jaringan XL meski ga seluas Telkomsel tapi masih cukup aman. Untuk Indosat, maaf sekali saya kurang pengalaman, yang jelas dari kerabat yang pakai Indosat, jaringan 3G sangat tidak stabil kalau dah masuk daerah yang agak pelosok.

Sangat disarankan untuk menggunakan cara ini jika smarpthone Anda digunakan untuk browsing internet dengn frekusensi sering. Kalau hanya untuk chat, saya pikir lebih bijak untuk tetap gunakan WCDMA/GSM.

0 Response to "Sinyal 3G HSDPA Tidak Stabil di Galaxy, Ini Salah Satu Solusinya"

Post a Comment