Perbandingan; Save Page, Bookmarks, Open Cached, Web Archive, Screenshot

Pernah nemuin artikel bagus di internet? Atau bahkan sering?

Ada beberapa pilihan kita untuk mengabadikan artikel tsb, atau cara membuka kembali.

Berikut beberapa pilihannya:

- Bookmark; ini yang paling sering tapi biasanya untuk hal yang ga teramat penting tapi sangat berguna. Kelemahan; ketika website down atau sudah tidak live lagi, kita ga bisa membaca lagi artikelnya.

- Save Page; untuk artikel yang bener-bener penting dan lengkap. Bisa kita baca kapan saja dalam kondisi offline. Kelemahan; ada yang mengeluhkan komputer jadi berat, saya pribadi memiliki ratusan bahkan mungkin sudah ribuan halaman yang saya simpan. Oh iya, kelemahan lain, ga semua jenis website bisa di-save utuh beserta pritilan-pritilannya.

Saved Pages Archive kira-kira Selama 2 tahun (2010 - 2012). tahun 2013 - 2014 juga kira-kira segitu, 1,4 GB.
- Open Cached; Kita hanya bookmark dan sengaja ga save page karena mikir artikel ga terlalu penting-penting amat, eh ternyata website udah ga live lagi atau server sedang down, maka kita bisa browsing judul serta alamat website di google, lalu klik pada tanda panah/arrow arah ke bawah dan kita klik Cached. Kelemahan; kalau website udah down lama hingga lebih dari seminggu, biasanya index google sudah hilang yang artinya kita juga amat sulit membuka cached version.

- Web Archive: di archive.org, kita bisa lacak history website sejak didirikan, hingga bertahun-tahun ke belakang. Jika ga ada gangguan, kita juga bisa klik link artikel dalam halaman archive dan terbuka artikelnya. Kelemahan; setiap website memiliki archive yang berbeda, ada yang sering, ada yang jarang, ada yang banyak capturenya juga ada yang cuma beberapa biji aja.

- Screenshot; Mirip seperti save pages, kita bisa keep offline artikel dalam bentuk gambar. Kita juga bisa membaca meski dengan smartphone atau bahkan handphone jadul sekalipun. Kelemahan; agak sedikit merepotkan.

Nah, udah tau kan gimana cara menyimpan dan/atau membuka halaman website di internet yang berguna. Anda pilih yang mana? Pera.... eh.. sorry kebablasan.

Semoga berguna! ;)

0 Response to "Perbandingan; Save Page, Bookmarks, Open Cached, Web Archive, Screenshot"

Post a Comment