Plugin Alternatif Akismet Terbaik Untuk Menghalau Komentar Spam

Sebenernya info ini pengen tak tulis sejak tahun lalu, namun ga sempat terus dan akhirnya lupa.

Mumpung lagi inget, saya yakin info ini akan bermanfaat banget buat yang lagi pusing nyari plugin selain akismet untuk menangani komentar spam

Kenapa komentar spam mesti dihalau, menurut saya, karena ganggu pemandangan, haha. As simple as that, meskipun ga terlalu 'harm' tapi kalo liat komentar spam di sela-sela komentar lain itu gimanaaa gitu.

Yang jelas, komentar yang saya anggap spam hanya yang di-submit lewat tools. Kalau lewat manual meski isinya nyepam dan promo web sendiri, akan selalu saya approve karena biasanya masih nyambung dengan artikel, jadi ga parah-parah amat lah ganggu pemandangannya.

Kenapa mesti nyari alternatif akismet?

Karena beberapa hosting mengalami masalah untuk verifikasi ID akismet, mungkin masalah firewall atau koneksi, atau apalah ga tau saya. Kalau misal ga ada masalah untuk instalasi akismet dan bisa verify ID akismet, highly recommend tetep pake akismet aja. Kecuali ada alasan kuat lainnya.

Inilah alternatif Akismet terbaik menurut saya karena sudah terbukti bisa menghalau spam comments dan akurat. Oh ya, yang paling penting lagi, GRATIS masbro.

Antispam Bee

Namanya Antispam Bee, dibuat oleh orang Jerman kali ya (sok tau), nama pembuatnya Sergej Müller.

Silahkan download di sini; Antispam Bee WordPress Plugin

Ada lagi antispam bagus, tapi hanya dikasih gratis trial, habis itu mesti bayar. Karena itu untuk saat ini, Antispam Bee masih yang terbaik untuk dijadikan alternatif plugin mengatasi komentar spam selain akismet.

Semoga berguna dan selamat blogging!

0 Response to "Plugin Alternatif Akismet Terbaik Untuk Menghalau Komentar Spam"

Post a Comment