Lakukan 7 Hal Berikut, Supaya Bisa Kaya

Anda ingin kondisi keuangan Anda lebih baik? Lebih makmur, lebih kaya? Banyak cara yang bisa dilakukan. 

Artikel ini cuma tulis ulang saja, biar inget di kepala lebih lama dan lebih nampol. Deskripsinya sih murni pemikiran/ sudut pandang saya sendiri, karena seperti biasa, saya melihat dari sisi yang berbeda dari orang lain, dan juga dari penulis artikel yang menjadi inspirasi posting ini.

So, 7 hal yang bisa membantu kondisi keuangan yaitu;

1. Earn More

Ini hal yang sangat dasar, simple, tapi saya lihat banyak dilupakan.

Dalam usaha, bisnis, apapun itu, hal penting yang perlu dilakukan adalah menaikkan level/ kelas usaha tsb. Indikatornya ga susah, pengunjung naikkan 10%, 20% dst. Yang lebih mata duitan, indikatornya jelas pemasukan bersih perbulan. Jika hanya stagnan, artinya usaha tsb stuck, ga ada proses ke level yang lebih baik..

Jadi point pertama, earn more, dapatkan penghasilan lebih! Caranya? Ini prinsip yang selalu saya pakai, gandakan!

2. Invest, Don't Save

Dua-duanya penting menurut saya, jadi lebih tepat, invest and save!

Invest untuk menjaga, sekaligus menghasilkan uang dari harta yang sudah ada. Jangka waktunya minimal 1 tahun kali ya.

Sedangkan untuk jangka waktu yang lebih pendek, saving tetap diperlukan untuk hal-hal tak terduga, juga untuk invest besar dari dana saving.. 

Investasi yang bisa dilakukan banyak banget. Buka bisnis baru menurut saya juga bisa dikatakan investasi. Lainnya, yah gitu deh... beli tanah, bangun kos-kosan, tanam modal, dsb.

3. Invest to Sharpen your Brain

Invest untuk otak kita. Beli materi-materi untuk menaikkan level knowledge. Bayar untuk ilmu itu penting banget, jadi sering-sering beli buku, ebook, course, seminar, dll. 

Saya pikir, masih dalam satu paket juga adalah sharpen our skill. Kemampuan kita mesti diasah, dan biasanya perlu biaya.

4. No Debt for Consumptive Spending

Saya kira untuk point ini perlu sedikit kecerdasan untuk membedakan mana yang consumption mana yang investment, mana yang untuk dikonsumsi doang, mana yang produktif juga.

5. Be Humble

Humble dalam bersikap, dan humble dalam cara hidup. Warren Buffet, orang segitu kayanya, mobilnya cuma seperti punya orang berpenghasilan 5 jt perbulan. Padahal beli Ferrari tiap bulan dari penghasilan dia juga bisa dapet puluhan. Dia humble. 

Beli smartphone yang sederhana sesuai dengan kebutuhan, beli mobil sesuai kebutuhan, dsb. Kebutuhan ini relatif, bagi tokoh-tokoh tertentu, kadang hal-hal yang bersifat mewah sebenarnya merupakan investasi bisnis.

6. Maintain Your Health

Untuk banyak orang, harta-harta sebanyak apapun ga akan berarti jika dia sakit. Dan... orang sakit bisanya akan terhambat usaha dan bisnisnya. So... yeah.. keep your body healthy.

7. Give More

Di sini sangat diperlukan kecerdasan untuk mengatur minat. Terutama yang tidak menjadikan urusan penting di atas akhirat. 

Punya rumah begini, enak kali yah...
Memberi, baiknya tidak mengharap kekayaan. Tapi di sisi lain, tanpa adanya embel-embel balasan 700 kali lipat, orang yang banyak memberi itu memiliki karakter yang sangat baik. Karakter suka berbagi, suka membantu, biasanya hidupnya bahagia, dan bahagia adalah salah satu kunci kesuksesan seseorang. 


Kira-kira gitu.. Tentunya masih banyak hal-hal lain yang sangat mempengaruhi. Tapi menurut saya, inti dari semua hal-hal yang ada adalah ini; Taat, bersyukur, bahagia, rendah hati, dan yang terpenting, kerja keras!

0 Response to "Lakukan 7 Hal Berikut, Supaya Bisa Kaya"

Post a Comment