Jam Berapa Sahur Paling Baik? (+ Tips Bulan Ramadlan)

Sahur itu, kalau kata bahasa elmuha sih, pembekalan makanan buat sekitar 13 jam ke depan. Jadi tanpa mikir tanpa tanya, kita tau dong pastinya..

Sahur yang paling menguntungkan itu ya yang paling deket dengan imsak.

Nah, Islam itu sangat memudahkan ummatnya beribadah, ga mau nyusahin dan mberatin. Termasuk puasa ini. Makanya.....

Disunnahkan buka puasa sesegera mungkin, dan sahur setelat mungkin. Lalu gimana implementasinya?

Ini dia yang bisa sedikit RUMIT.

Elmuha sendiri kalau pulang/ main ke rumah nenek/tante, itu sahurnya keteteran, alias.. menurut elmuha terlalu telat.

Menurut saya, sahur itu sebaiknya yang begini....

- Bangun secepat mungkin!!! Ini penting, karena bisa sempatkan sholat tahajud kan??? mantap banget dah! Ya kira-kira jam 3 laaah, atau jam 2.45.

- Lalu, persiapkan makanan dan tempat untuk sahur, ada yang masak dulu, ada yang menghangatkan makanan yang masih ada, ada yang masak makanan paling cepat saji. Sesuaikan saja kira-kira, biar nanti makannya ga buru-buru.

- Sahur!

- Penutup sahur! Ini penting buat orang kaya saya, ada penutupnya masbro. Sayangnya di rumah nenek saya, kayaknya hal ini bukan hal wajib. ya emang ga wajib siii.

Penutup ini macem-macem, buat saya, yang penting ngeteh panas, atau kopi mungkin. Yang sangat tidak dianjurkan tapi banyak yang ngelakuin, ngerokok. Buat yang non-cowok, mungkin makan buah atau vitamin dan obat.

- Minum air putih yang cukup, pengen bilang banyak tapi yang berlebihan itu tetep ga baik.

- Gosok gigi, ini penting banget buat saya buat gosok gigi sebelum imsak.

- Minum air putih lagi. Kadang, abis sikat gigi, lidah itu berasa gimanaaa gitu, makanya perlu air mateng atau air putih yang enak, jangan air kumur keran.. gitu.

........... dan semua itu, perlu ditemani ama sinetron Para Pencari Tuhan Jilid 9, hahaha.


Nah.. karena elmuha sekarang ngekos, makanan tinggal beli, ngantri dan perjalanan paling 10 menit, pake motor itu.

Jadi, sebelum jam 3, elmuha keluar beli makan. Balik ke kos PPT mulai, sambil nyiapin, biasanya iseng ngelakuin apa gitu. Sambil masak air juga buat bikin teh panas.

Mulai makan itu minimal jam 3.30 lebih alias harus maksimal 1 jam sebelum imsak. Dan mungkin elmuha semakin mendekat ke jam 4 ke depannya. Setelah makan, ngeteh sampai jam 4.20 laaah..

Terus minum air putih, gosok gigi, minum lagi (atau engga), imsak. Abis imsak ngapain?

Abis imsak jangan tidur lagi masbroooooo... 

Kalo elmuha sih, mandi, terus ke Masjid deh jama'ah Subuh. Bayangkan, pahala jamaah subuh di bulan biasa aja ga kebayang gedenya, lah gimana kalo bulan Ramadlan?!!! Buat yang ga bisa ke Masjid, JAMAAH SAMA KELUARGA!!!!!!!!!!!


Abis subuh ngapain?

Again, jangan tidur lagi dulu...

Baca Al-Qur'an dulu masbrooooo

1 huruf aja 10 kebaikan, itu di bulan biasa, di bulan Ramadlan???

Abis baca Al-Qur'an ngapain...

Eits.. jangan tidur dulu....

Ngapain kek, ngelakuin sesuatu yang berguna dan/atau produktif. Kalo elmuha sih, ini lagi posting artikel yang Anda baca ini :D


Baru deh, kalo udah jam 6 pagi, jangan tidur juga.... wkeke..

Tanggung tuh.. 30 menit lagi bisa sholat dluha.

Baru deh, terserah lu mau ngapain :p


Sahur makan begini enak kali yah....

4 Responses to "Jam Berapa Sahur Paling Baik? (+ Tips Bulan Ramadlan)"