Blogspot.com redirect ke blogspot.co.id, Apakah Pengaruh ke SEO?

Kemarin, saya cek blog elmuha ini dan agak terkejut karena alamat url ternyata forwarding/redirect ke ekstensi domain lokal alias country alias dot id. Jadi dari yang akhirannya blogspot.com jadinya blogspot.co.id

Kenapa saya terkejutnya cuma sedikit?

Karena dari dulu juga udah begitu, untuk negara-negara lain.

Awalnya ada temen yang tinggal di Jerman bikin blog, kok pas saya akses, ada dua alamat, satu dot de, satu dot com, dua-duanya works.

Terus, sering juga liat blog orang India, begitu...

Update: Baru dua hari, sepertinya redirect ini di-disable lagi oleh blogger. Sekarang udah ga redirect lagi.

Update lagi: Udah redirect lagi kawan...

UPDATE BRO: Sebelumnya elmuha yakin index di google hanya yang .blogspot.com, tapi ternyata tidak. .blogspot.co.id pun ikut keindex bro. Saya cek di google dengan kata kunci elmuha, bahkan sitelink jadi hilang dan dua posisi teratas itu elmuha.blogspot.com dan elmuha.blogspot.co.id
Ini tentunya "gak asik" banget. Untungnya elmuha udah pakai subdomain dari domain untuk custom domain, piye tih kok ribed banged. Jadi ke depan, sedikit demi sedikit index .blogspot.com dan blogspot.co.id akan hilang. Itu kalau sesuai rencana.
Nah buat yang gak berencana pakai custom domain, kayaknya mesti mulai mempertimbangkan lagi, apakah tetap ngikut sistem redirect blogspot.com ke local tld, atau menonaktifkan local tld sehingga hanya blogspot.com saja yang digunakan. Itu kembali ke masing-masing, yang jelas, visitor gak ada penurunan yang signifikan bro meskipun index di google jadi double double.

Tapi memang agak sedikit beda sih sama kasus dot.co.id ini. Karena, domainnya redirect hanya kalau pake IP Indonesia, sedangkan pake IP USA, gak redirect alias tetep .com. Pake IP NL dan UK juga gak redirect, jadi cuma yang pake IP lokal aja. Gak tau kalo IP negara-negara yang 'berkembang'.

elmuha jadi agak khawatir dengan performa SEO, apakah terpengaruh akibat redirect ini?

Jawabannya, mungkin iya, soalnya banyak yang bikin artikel cara disable redirect ini. Lalu, apakah elmuha akan mengikuti orang-orang yang menonaktifkan redirect blogspot?

Engga kayaknya. Saya iseng browse dan ketemu artikel di link berikut: https://support.google.com/blogger/answer/2402711?hl=en

Lihat bagian yang seperti SS berikut;

Search Engine akan menganggap bahwa blogspot.com sebagai versi yang utamanya. Jadi, elmuha mengambil kesimpulan, SEO gak akan banyak terpengaruh.

Jadi, biarkan saja lah.

Ada yang nanya juga seingat saya, kenapa kok .co.id, gak .id aja?!

Menurut elmuha siii... karena bagusan .co.id wkwkwk. dot id tuh gimanaaa gitu, karena maknanya jadi ambigu dengan id, identity.


Semoga artikel singkat ini bermanfaat, jangan percaya 100% btw, saya blogger gadungan.

Update: Kelupaan...

Alexa rank kemungkinan akan sangat terpengaruh dengan redirect ini, as we know, alexa rank itu menganggap ekstensi itu unique. Jadi .com dan .co.id ya beda.. Nah, sekarang ini, yang blogspot.co.id dianggapnya sama semua, ga ngeliyat subdomainnya, tapi domain blogspot.co.id nya doang. Ke depan ga tau dah gimana, apakah blogger/ alexa akan mengusahakan ini atau gak,

Elmuha kayaknya sih bakal mulai nyuekin alexa rank... Asal visitor gak turun sih saya anggap normal.

UPDATE: Alexa blogspot.co.id udah ngikutin sesuai subdomain, gak terpusat pada domain blogspot.co.id doang. Jadi untuk alexa kayaknya gak terlalu masalah, meskipun rampingnya luama nunggunya.

13 Responses to "Blogspot.com redirect ke blogspot.co.id, Apakah Pengaruh ke SEO?"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. btw jumlah visitor itu ngaruh gak sih ke seo, kalo ngaruh brati kan di bagi dua. ke com dan co.id kayak alexa

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau aku sih engga ngaruh. yang ngaruh itu frekuensi klik di Google Search, semakin sering website kita yang diklik, posisinya akan naik.

      jadi, bukan visitornya yang ngaruh tapi visitor yang datang dari SERP google.

      dan menurut saya ga akan ngaruh ke SERP kalau masalahnya terbagi dua, ke dot com dan ke dot co.id, karena yang dianggap oleh google cuma yang dot com saja. lagipula kalau pengunjung mayoritasnya cuma satu negara, misal Indonesia, maka yang lebih sering tampil yang dot co.id. dot com cuma buat Google Search.

      Delete
    2. btw, ada update tentang index di google. mungkin bisa dibaca lagi artikel di atas di bagian update.

      Delete
  3. Bagus artikelnya, menginpirasi kami. Siap bekerjasama untuk Les Privat di Pamulang dan Les Privat di Bintaro SD, SMP, SMA

    ReplyDelete
  4. Bos tiap hari alexa naik 50rb di com,kalo di co id turun 100rb perhari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, setelah blog.blogspot.co.id juga diindex alexa, jika kebanyakan pengunjungnya dari Indonesia, alexa yang .blogspot.com akan semakin gemuk, sebaliknya .blogspot.co.id akan semakin ramping.

      Delete
  5. masih ragu sih nih gan, klo di bilang turun memang turun, pertanyaan lain apa di web master harus di buat versi co.id juga mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  6. masih ragu sih nih gan, klo di bilang turun memang turun, pertanyaan lain apa di web master harus di buat versi co.id juga mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini gak terpikirkan sebelumnya.

      webmaster itu cukup sensitif dengan format domain, bahkan http dan https aja sebaiknya sama-sama disubmit ke webmaster.

      untuk blogspot .comm/.co.id ini saya gak ada pengalaman gan, tapi sepertinya lebih baik disubmit juga, atau coba cari referensi info lain yang lebih valid.

      Delete
    2. oh iya.... tambahan gan..

      kalau ragu, coba cari blogspot lokal yang bejibun visitornya dan belum custom domain, apa mereka disable .co.id apa enggak. bisa ditiru.

      kemarin saya lihat blogspot dengan UV di atas 40 ribu/day, dia disable redirect ke .co.id. tapi belum mulus, harus redirect dulu ke co.id beberapa milidetik lalu balik ke .com

      Delete
  7. ane udah praktekin abis putus asa, trafik bener2 turun gan. pertama udah coba disable ke co.id coba lagi rubah ke https hasilnya tetep masih peringkat turun juga, terakhir ane nyarah ya gunain bawaan co.id

    "disable redirect ke .co.id. tapi belum mulus, harus redirect dulu ke co.id beberapa milidetik lalu balik ke .com"
    ya benar gan prakteknya masih ngeredirct ke co.id juga. sepertinya kembali ke awal perjuangan naikin lagi, abis buntu mau diapain lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan lupakan update algorithm google gan... agak terasa di bulan Feb. (web ane yg lain)

      mungkin baiknya invest domain gan untuk custom domain blogspot, lebih stabil dan tetap dapat keuntungan server blogspot yang kadang "disayang" google.

      blog elmuha ini pun stabil banget walau gak terlalu dirawat...

      Delete