Custom Domain Blogspot Ternyata Benar-benar Berefek Menyeramkan

Dulu elmuha pernah custom domain salah satu blog personal, dan yang terjadi, fine-fine aja. Gak ada redirect notice ketika visitor membuka blog melalui alamat sub domain .blogspot.

Tapi, beberapa hari terakhir elmuha dibuat pusing sebab memasang custom domain untuk blog elmuha ini.

Serem bro, serem!

Custom domain blogspot ternyata membuat notice redirect keluar.

Saya sudah cari artikel buanyak banget untuk cari cara mengatasi redirect notice blogger. Bunyinya begini

You're about to be redirected

The blog that used to be here is now at http://www.elmuha.net/.

Do you wish to be redirected?

This blog is not hosted by Blogger and has not been checked for spam, viruses and other forms of malware.

Ngeselin banget kan?


UPDATE: Ternyata bro... itu bro... kalo pake www.domain.tld, maka akan muncul itu notice bro. Pas saya coba pake blog.domain.tld bro... itu notice bro, hilang bro.... wkwk. Pantesan dulu ga ada notice apa-apa.. Ternyata karena pake blog.domain.tld bro... (ini ga pasti 100% kaya gini bro, pokoknya yang tau pasti cuma Tuhan dan Google bro)


Lihatlah itu yang di-bold, sungguh iseng "Blogger" ini. Ya emang sih di sana cukup banyak yang iseng nge-redirect blogspot ke domain yang ga jelas, tapi mbok yo dibuat gitu alogaritma untuk membedakan mana yang redirect ke domain ga jelas dengan mana yang ke blog normal.

Warning atau notice ini tentunya akan menghilang nantinya, ketika semua index di google sudah berganti semua dari .blogspot.com ke domain custom kita. Tapi butuh waktu.

Setidaknya seminggu lah, nah... elmuha berani-berani takut ketika masang custom domain ini. Setiap melakukan cara untuk menghilangkan notice redirect di atas, lalu gagal, elmuha bakal hapus lagi custom domainnya. Berkali-kali sampai akhirnya elmuha putuskan untuk, biarkanlah, apakah visitor akan turun atau tidak, dan apa yang terjadi? Lihat screenshot visitor di bawah ini, scary!



Lebih dari 60% bro turunnya, weleh-weleh...

Akhirnya yang saya lakukan, lepas lagi custom domainnya. Bukannya sayang elmuha gak dapet penghasilan, bukan... bukan...

Saya ini cuma kasian aja ama pengunjung yang lagi cari info kemudian gak jadi buka blog elmuha gara-gara gak berani/ gak ngerti/ takut/ bingung disebabkan notice redirect. Walaupun sebenarnya gampang banget, tinggal klik "YES" aja langsung kebuka, bahkan ga perlu klik "YES" tapi di-refresh/reload halamannya juga bakal kebuka langsung tanpa notice lagi.

Tapi ya karena penduduk Indonesia lebih banyak yang ga terlalu paham dunia internet, atau lebih tepatnya, sering terlalu khawatir, jadi ya gini ini.

Sudah beberapa cara yang elmuha lakukan untuk menghilangkan notice redirect blogspot, tapi gagal terus. Menambahkan seluruh IP google sudah, whitelist melalui Cloudflare sudah, ditambah mematikan security sudah, tapi tetep aja muncul itu notice.

Saya akan cari lagi mungkin artikelnya, mudah-mudahan segera teratasi. Yang paling enak bikin blog blogspot pake custom domain itu dari awal, dari baru, jadi ga bakal ada itu masalah redirect notice yang meresahkan warga pembaca dan pemiliknya.

Kalau gak ketemu solusinya, mungkin ini tanda bahwa saya mesti membuat blog baru, entah itu di blogspot, atau wordpress.

1 Response to "Custom Domain Blogspot Ternyata Benar-benar Berefek Menyeramkan"