Berapa Lama Grace Period dan Redemption Period Domain?

Elmuha udah beberapa kali memperpanjang domain setelah domain tersebut EXPIRED. Kenapa masih bisa diperpanjang? karena masih dalam status GRACE PERIOD. Di masa Grace Period, kita tidak perlu membayar lebih untuk domain, asalkan kita merupakan pemilik domain tersebut, kita bisa memperpanjang. Biasanya para Domain Registrar menamakan dengan REACTIVATE, seperti tujuannya, mengaktifkan kembali domain yang sudah expired.

NAH! Setelah berakhir masa Grace Period yang waktunya berkisar dari 30 harian - 40 hari, bahkan mungkin ada yang lebih lama, masing-masing Domain Registrar memiliki ketentuan untuk berapa lama masa Grace Period.

Setelah Grace Period berakhir, domain bisa saja masuk masa lelang, biasanya jika domain tersebut brandable alias bagus, bisa juga karena domain tersebut merupakan domain dari website besar, misalnya kaya waktu kasusnya Kaskus.us, itu iseng banget dah...

Jika dilelang dan ada yang bersedia beli (dengan harga lelang tentunya), maka selesai sudah masa akhir domain tersebut, karena bakal mulai kehidupan baru dengan si pemilik yang baru.

Kalau misal gak laku di lelang, atau tidak dilelang sama sekali (ini yang lebih sering terjadi), maka domain tersebut akan masuk masa REDEMPTION PERIOD.

Berapa lama domain dalam masa Redemption Period?

Waktunya sama, sekitar 30 hari, + 5 hari. Jadi 35 hari dari masa Grace Period berakhir.

Setelah masa Redemption Period berakhir, maka normalnya, domain tersebut akan tersedia lagi di pasaran. Bisa kita register/ beli seperti biasanya dengan cara biasanya dan dengan harga normal.

Jadi, dari TANGGAL Expired domain, sampai bisa diregister oleh orang lain, membutuhkan waktu setidaknya 65 hari. Berlaku untuk domain berekstensi .com, .net, dan .org. Selain ekstensi tersebut, waktunya bisa beda-beda. Tapi rata-rata, masa waktunya sama, 30/40 hari + 35 hari.

Sedangkan bagi pemilik domain yang LUPA perpanjang domain, biasanya masih bisa memperpanjang dengan tanpa biaya tambahan selain harga domain jika masih dalam masa Grace Period selama sekitar 30 hari.

Jika sudah lewat masa Grace Period dan pemilik domain berpikir untuk tetap memperpanjang, maka akan ada biaya tambahan, sekitar $40 - $150 an per domain dalam masa Redemption Period. Lumayan kan?!

Elmuha lagi nungguin salah satu domain yang diincar, udah expired dari hampir 2 bulan lalu, mudah-mudahan bisa elmuha register nantinya, aamiin :)

Semoga bermanfaat.

Ref; Sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5



3 Responses to "Berapa Lama Grace Period dan Redemption Period Domain?"

  1. Punya saya udah tepat 3 bulan per hari ini, kok masih dalam redemption period ya gan.. adakah kemungkinan kembali dekat2 ini yaa.. soalnya kalo saya maksa kena fee sebesar $75 :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga gitu gan, ngecekin tiap hari dari hari akhir sesuai hitungan, masih belum availabe, sampai akhirnya available lagi.

      Susah mastiin masa grace period. Dalam kasus agan, mungkin lebih lama.

      Soal maksa atau engga, itu pilihan agan. Tapi kalau udah masuk redemption period, hampir dipastikan pasti bakal available. Masalahnya adalah jika domain tsb juga diincar orang lain.

      Delete