Pengalaman Migrasi Web WordPress Self-host ke Blogspot Custom Domain

Tanpa basa-basi, berikut hal-hal yang saya lakukan ketika migrasi dari WordPress Self-host  ke Blogspot.
Alasan: Simpel aja, pengen ngurangin beban pikiran soal hosting untuk web yang bukan utama. Dengan hosting gratis di blogger, visitor bejibun pun bisa di-handle dengan mudah.

Dan ini langkah saya,

1. Buat blog .blogspot baru di blogger.
2. Langsung custom domain sesuai nama domain website kita yang lama.
3. Set CNAME dari www.domain.com ke ghs.google.com
4. Set juga CNAME unik masing-masing blog, keluar saat kita "save" custom domain pertama kali.
5. Posting satu-satu artikel yang ada di blog wordpress ke blogspot tadi. Ini konyol sih kalau jumlah postingnya puluhan atau ratusan, kebetulan yang saya pindah cuma punya 6 posting.

Cara lainnya bisa gunakan WordPress to Blogger Converter, tapi tetep untuk gambar baiknya kita upload manual karena link gambar di host lama tentu nantinya akan terhapus/unavailable.

6. Tambahin daftar redirect di pengaturan blogger. Saya tambahkan semua dari 6 url posting lama di WordPress, ke 6 url baru di blogspot. Ini berguna supaya visitor tetap bisa dialihkan ke blog baru dari search engine.

7. Centang pengaturan di custom domain, "alihkan domain.com ke www.domain.com"
8. Tambahin di DNS management, 4 IP google. Ini berguna untuk memfungsikan redirect domain.
9. Urus-urus template dan tampilan.
10. Tunggu sampai semua DNS dan nameserver tersambung dengan pengaturan yang baru agar bisa diakses secara sempurna.

Saya menggunakan DNS Management bawaan domain service provider, dalam hal ini saya menggunakan RumahWeb. Tadinya pakai DNS manager di web hosting yang saya sewa yang digunakan untuk blog WordPress lama, tapi kayaknya pakai DNS Manager RumahWeb lebih terjamin.

Oke, gitu aja sih... 

Butuh beberapa jam supaya pengaturan baru bisa normal berjalan, fyi, visitornya cuma 100an UV perhari. Tidak sampai 12 jam, sudah normal semua, redirect berjalan hampir sempurna, well nothing's perfect right..

Semoga berguna.

3 Responses to "Pengalaman Migrasi Web WordPress Self-host ke Blogspot Custom Domain"

  1. Mantap kang, pengetahuan saya semakin luas, dengan mengetahui caranya. Nice kang. tapi Saya ingin bertanya? Apakah ada pengaruhnya dalam memilih domain TLD .com dengan .net ataupun lainnya? Mohon infonya kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip...

      soal memilih domain kayaknya agan lebih paham :)

      Delete
  2. Dilema... pengen banged pindah ke blospot tapi postingan di wordpress selfhosted udah 7 ratusan. Bener bgd. Pusing mikir bayar hosting... Apa yg hrs sy lakukan?

    ReplyDelete