Posting is Fun

Jika dihitung, mungkin saya sudah mencapai lebih dari 1000 kali publish posting di blog personal. Mulai dulu di blogmuha, catatan-muha, justmuha, catatanmuha, beberapa blog personal yang saya lupa, hingga saat ini blog.elmuha.net (elmuha.blogspot.com) sebagai blog personal saya yang aktif.

Kenapa saya bisa dengan mudah posting di blog personal? Simpel saja, karena saya merasa tidak memiliki beban dan tanggungjawab. Namanya juga blog personal, suka-suka gue dong mau nulis apa, dengan gaya seperti apa, dan kualitas yang gak tau pake standar mana. Intinya, blog personal bagi saya adalah tempat corat-coret, diary yang berada di dunia maya. Fungsinya sama saja, mencurahkan pikiran, mencatat pemikiran, dan berbicara dengan huruf.

Limitless, abang gue lagi nulis tuh... tapi bulit.

Jadi, kesimpulan dari yang sudah saya alami dalam blogging, posting itu FUN, sangat menyenangkan. Saya berasa seperti sedang curhat tanpa adanya intrupsi dari sang pendengar. Toh kalau misal ada yang komentar pun biasanya tidak akan terlalu menyakitkan. Misal menyakitkan, mungkin postingnya memang sudah keterlaluan. Di blog ini pun bahkan saya pernah beberapa kali menulis pendapat yang kontroversial, tapi selagi menurut saya benar dan/atau baik, biasanya it's okay..

Lalu, apa masalahnya sekarang?

Masalahnya, saya tidak bisa merasakan perasaan yang sama ketika posting di website saya yang lain. Ketika menulis di blog saya tidak merasa memiliki beban, berbeda 180 derajat ketika saya menulis untuk mendapatkan visitors. Beban saya langsung berasa berat banget, lalu berasa seperti memikul tanggungjawab besar. Padahal intinya sama aja, menyampaikan sesuatu. Tapi susah.. susah.. itulah kenapa banyak blogger (kaya saya) yang gak sukses-sukses dalam dunia bisnis online.

Solusi?

Saya menulis posting ini sebenarnya juga cari solusi, dan tiba-tiba, baru selesai paragraf di atas ini, saya kepikiran... Gimana kalau website-website saya yang lain, yang bukan personal, yang komersial itu, saya resmikan saja menjadi sebuah BLOG. Bukan website, bukan media, bukan web resmi, dsb. Intinya, buat seakan-akan web komersial tersebut ya blog. Jadi menulis seperti di blog, tidak perlu takut akan menyesatkan karena pada dasarnya, blog itu pendapat pribadi. Apa yang ditulis secara otomatis itu merupakan pendapat, bukan berita.

Wah.. iya ya.. kayaknya harus saya rubah segera nih.. Rubah website yang tampak resmi/ formal, jadi sebuah blog saja.. dan secara tegas tuliskan bahwa web tersebut adalah blog. Gimana.. setuju gak?

Okelah... semoga bisa menginspirasi sedikit buat yang kesasar ke halaman ini :p

0 Response to "Posting is Fun"

Post a Comment