Seberapa Cepat Performa Qualcomm Snapdragon 650?

Snapdragon 650 adalah chipset rebrand dari Snapdragon 618. Terus kenapa kok pake dirubah segala namanya?

Ternyata gan, ini sangat penting mengingat kode nama 618 terkesan chipset menengan ke bawah. Elmuha bahkan sempat meremehkan performa Snapdragon 650 ini, ya gak gitu-gitu banget sih, soalnya ada Snapdragon 615 yang jelas-jelas biasa aja.

Elmuha gak menyangka ternyata performa Snapdragon 650 bener-bener wah banget. Inilah pentingnya managemen brand dan nama. Salah-salah, konsumen underestimate duluan padahal belum tau apa-apa.

Dari score benchmark, membandingkan performa Snapdragon 650 vs Snapdragon 808, vs MediaTek Helio X10, kita lihat seberapa tangguh Snapdragon 650 dengan GPU Adreno 510 ini.

Jreng jreng jreeeeng...


WOW! Ternyata performa Snapdragon 650 ini bahkan mengalahkan Snapdragon 808. What a technology.

Mungkin Anda bertanya-tanya, kalau chipset kelas medium aja sebegini cepatnya, gimana dengan chipset flagship?

Well.. kabarnya, dari bocoran AnTuTu score juga, Snapdragon 820 itu hasil score nya dapet 120 ribuan gan. Alias hampir dua kali lipat Snapdragon 650.

Jadi ya gini... Asiknya kompetisi, masing-masing vendor berusaha membuat yang lebih baik, dan terus lebih baik, terus lagi lebih baik, dan terus... terus.. lalu kiamat. wkwkwk.

Tahun lalu, belum lama sih, 6 bulan lalu... Samsung menggebrak pasar dengan chipset Exynos 7420 yang merupakan chipset kelas atas, hasil score AnTuTu-nya mendapatkan sekitar 80 - 85 ribuan. Itu tidak terlalu beda jauh dibanding Snapdragon 650. Menariknya, Snapdragon 650 ini bakal digunakan oleh banyak smartphone kelas menengah, intip Xiaomi Redmi Note 3 versi terbaru.

Jika nanti Asus Zenfone 3 ternyata jadi menggunakan chipset Snapdragon 650, kayaknya akan tetap mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat kita. Asalkan, masyarakat tsb tidak underestimate duluan performa yang dimiliki.

Gimana nih Samsung?

Kelas menengahnya mau diisi apa? Mosok Exynos 7580 doang? Udaaaaah, itu chipset 7420 kasih aja ke seri A dan E, huahaha... pasti laris dah..

3 Responses to "Seberapa Cepat Performa Qualcomm Snapdragon 650?"