Looking for opportunity... Usaha modal dengkul

Banyak pengusaha membawa slogan "jadi pengusaha itu gak perlu modal duit banyak, modal dengkul aja udah cukup".


Tentu banyak yang akan menentang prinsip tsb, karena kebanyakan berpikir bahwa usaha pasti butuh duit untuk modal.

.....

Ya emang sih, butuh modal, buat beli minum barangkali kita kepanasan karena jalan kaki mencari kesempatan, atau, beli pulsa untuk komunikasi, dsb.. 

Modal-modal seperti itu sangatlah kecil jika dibandingkan besaran modal yang kebanyakan orang pikirkan.

.....

Saya dulu, mendapat uang pertama dari hasil keringat saya adalah bermodal laptop dan internet. Saya kira itu saja modal, yang sebenarnya merupakan alat dan bahan yang sudah ada karena saya kuliah dan mahasiswa di kampus saya bisa dibilang semua punya laptop dan bisa akses internet, baik itu dari wifi gratisan atau modal beli pulsa sendiri.

Dari modal laptop dan internet, alhamdulillah saya sudah mendapatkan puluhan juta, ya udah bisa beli mobil sih kalau makan ama tinggalnya di rumah ortu. Sayangnya duit-duit tsb abis terus buat biaya hidup dan beli-beli untuk investasi.

.....

Investasi itu termasuk pengetahuan ya, jadi beli buku, ebook, course, kursus, dsb, itu memang bisa masuk ke daftar investasi kita, justru investasi terbaik adalah kita sendiri yang bisa kita bawa, bahkan hingga ke liang lahad.

.....

Contoh modal dengkul yang lain?

Jadi broker broooh..

Jadi makelar, perantara.

Yang bisa dijual apa aja, dari sayuran, tanah, rumah, hasil bumi, motor, mobil, hp, rumah, dll.. Terlalu banyak yang bisa kita jual meski tidak punya barangnya.

Tapi ingat ya, perantara ya tetap perantara, kita mesti izin ke yang punya untuk ngejualin, dengan begitu kita tidak melanggar hukum muamalah dalam syariah.

Apa mereka mau dijualin?

Elmuha pernah minta ke dealer motor untuk ngejualin, mereka sangat membolehkan dengan komisi dari diskon produk, lumayan, bisa 500rb per motor bahkan lebih.

Saya juga pernah dateng ke toko HP dan bilang mau ngejualin produk mereka, mereka bersedia dan mau memberikan harga spesial atau harga modal.

Banyak pengalaman lain yang intinya adalah; kita bisa ngejualin barang yang tidak kita punya.

Yang diperlukan?

Adalah dengkul :D

Ya gak cuma dengkul sih, otak kita juga perlu dipakai, hati untuk melayani, dan pendengaran serta kemampuan kita melihat kesempatan.

......

Jadi itu ya... motivasi dan pelajaran yang sebenarnya saya perlukan sendiri, cuma, ngomong dalam hatinya malah nular ke tangan yang pengen nulis, yaudahlah, barangkali bisa berguna untuk kalian juga..

Adapun problem, tentunya ada bahkan mungkin banyak. Tapi bagaimana bisa dapet duit gede kalau kita cuma mendapat tantangan yang kecil, ya gak?!

Jadi, yuk, kita jalani saja, hadapi tantangan... 

Jangan lupa niat dengan Bismillah...

0 Response to "Looking for opportunity... Usaha modal dengkul"

Post a Comment