Oke, Saya Stop Minum Kopi Manis

Kalau diingat2, masa kejayaan saya itu masa-masa saya gak terlalu sering ngopi bahkan jarang banget.

Dan waktu itu meskipun minum kopi, saya enggak terlalu terpengaruh karena kondisi normalnya sehat.


Berbeda dengan saat ini dimana saya sering stres, depresi, dan anxiety. Lalu diobati dengan kopi, yang ada, hanya sembuh sementara, lalu malah lebih parah. Ini cuma dari apa yang gue rasakan, kalau mau sumber valid, silahkan cari di google, banyak website kredibel yang menyatakan hal tsb juga.

Apalagi kopi yang saya minum seringnya kopi instan, manis dengan kadar pemanis yang tinggi. Tambah parah dah itu.

Lalu minum apa dong?

Ke depan, akan saya usahakan hanya minum air putih. Dan jus buah sih. Kopi? Stop dulu.

Saya diizinkan ngopi jika dan hanya jika saya sedang tidak stress dan berada di situasi yang nyaman.

Akhir-akhir ini depresi saya sering berlebih, padahal kopi yang saya minum udah gak terlalu banyak sih, tapi lumayan lah kalau dibanding orang-orang pada umumnya.

Bukan hanya kopi, tes terutama yang manis juga sebenarnya punya efek yang mirip meski kadarnya lebih rendah.

Gimana kalau minum susu kopi? Hmm... entahlah... Saya seringnya butuh yang anget2 pas ngantuk, diganti yang kecut2 bisa juga sih, tapi kalo lagi dingin, kopi panas itu nikmat banget.

Tapi berhenti minum kopi manis itu keputusan yang harus segera diambil oleh siapapun, sebelum terlambat bro. Belajar minum kopi pahit, yang mahalan dikit biar enak. Diabetes ngeri bro, paman gue dulu demen banget minum manis, dan udah meninggal sekarang.

Update: Saya belum benar-benar bisa total berhenti, tapi sudah sangat jarang. Sehari cuma sekali dari yang tadinya 3-5 kali, bahkan tidak jarang sehari gak ngopi sama sekali.

Tapi hari ini, ke minimart, saya beli kopi kapal api item, dan beli gulaku 1 kg. Pengennya beli yang kecil aja sih gulanya, abis serem banget kalo ngebayangin itu gula 1 kg bakal masuk semua ke badan, hiiiii.... tp gak ada yang kecil.

Alasan saya membolehkan ngopi adalah, karena saya udah gak depresi lagi seminggu terakhir lah kira2. Palingan pusing liat berita demo aja, lalu damai lagi.

Selain itu, saya juga tidurnya jadi agak kurang kekontrol, ya karena tidur saya kan berantakan, gak kaya orang-orang gitu, kadang bangun 18 jam, kadang 20 jam, kadang 16 jam, dsb. Nah, karena gak ngopi, kadang di waktu yang harusnya gak tidur, saya malah ngantuk banget dan akhirnya ketiduran.

Makanya ini mau ngopi, tapi gulanya diturunin 50%. Perbandingannya, kopi dan gula, 2:1. Dan saya udah lumayan doyan sih kopi agak pahit gini.

Ya doain aja supaya selalu sehat ya guys, saya doakan juga supaya yang hobi ngopi di luar sana, semua sehat juga.

Sampai jumpa.

0 Response to "Oke, Saya Stop Minum Kopi Manis"

Post a Comment