All New Yamaha R15 2017, Yakin Sih Cakep Mampus

Dari Vixion, R15, Xabre, R25, R6, sampai R1, desainnya tidak ada yang jelek menurut saya. Cuma yang R25 memang kurang mateng printilannya. Sedangkan R15 kata orang kepalanya kegedean, walaupun sebenarnya biasa aja kalau menimbang bahwa motor ini lahir udah lama banget.

Nah, R15 yang muncul di spyshot para pahlawan rumor, saya yakin bakal keren banget. Kerennya itu ideal, dan moge looks. Semakin real sport bike looks.

credit: yang punya, nyomot dari bang ipan dan bro Taufik.

Mesin motor 150cc itu menurut elmuha gak perlu dibandingkan terlalu detail karena di jalan banyak faktor mempengaruhi. Rider MegaPro yang suka ngebut, di jalan ya seringnya lebih ngebut dari Satria FU FI bahkan Ninja 250 sekalipun. Yang penting menurut saya dari mesin motor 150cc adalah durability karena motor-motor sport kelas paling bawah ini, biasanya jadi motor utama atau mentok2 motor kedua setelah motor matic. Jadi masih sering dipakai jarak jauh.

Keiritan juga perlu, motor sport irit itu bisa menjangkau tempat lebih jauh dan lebih jarang ke pom bensin, bukankah itu sesuatu yang sangat menyenangkan?

Yamaha R15 2017 has all the requirement for a small sport bike.

YZF R15 2017, masih versi spyshot....

Suspensi ajib, suspensi standar telescopic biasa R15 gen sekarang udah mantep untuk pengendaraan sehari-hari, kalau diganti Upside down fork, ya udah lah, keren mampus.

Frame deltabox mungkin sebagian orang belum ngerasaain gimana mantapnya untuk kestabilan motor dan kelincahan saat selap-selip, walaupun untuk motor murah materialnya juga disesuaikan, karakternya tetap beda dibanding frame teralis yang juga murah. Tapi ini mungkin masih soal selera kali ya, ama kebiasaan.

Mesin Yamaha R15 2017 katanya pakai kubikasi 155cc dan VVA, ini sih udahlah, udah lebih dari cukup kalau mau ngebut di pantura, atau stop-and-go di macetnya kota besar. Kalau mau lebih cepat di macet2an, pakai matic saja. Ngendarain motor yang lebih punya passion itu harus dinikmatin kalau menurut elmuha mah, gak melulu soal ngebut dan cepet sampe.

Meskipun mesinnya misal masih SOHC, elmuha sih gak masalah. Yang mempermasalahkan, mungkin yang belum ngerasain gimana peforma mesin turunan gen Vixion pertama ini.

Orang Indonesia terlalu banyak koar2 tanpa pikir ulang, terlalu menuntut tanpa mikir2, terlalu cepet kemakan emosi, bahkan penyebar informasi alias blogger, termasuk elmuha, malah sering ikut2an manas2in.

Indonesia butuh kedamaian, apa udah siap perang apa gimana ini? Apa2 ribut, apa2 debat, apa2 berselisih, kalian sadar gak sih bahwa perbedaan itu memang dibuat oleh Sang Pencipta, untuk keindahan.

Kalian ngerasa pinter dan bangga banget gitu atas apa yang kalian yakini? Tanpa melihat keindahan dari sisi rival debat kalian? Gimana kalau kedua pendapat yang berbeda itu sama-sama kita terima dan jadikan bahan berpikir, bukankah akan lebih seru dan mengasikkan?!

Balik lagi ke topik utama.

Apa lagi yang dimiliki bakal All New R15 2017?

Swing arm banana almu dipastikan masih dipertahankan. Untuk seat pembonceng yang banyak dikeluhin pengguna R15 current dan jadi bahan joke gara2 satu seat dipake berdua, di R15 2017 kalau dilihat dari spyshot sih, sepertinya bakal lebih pendek, jarak pembonceng dan pengemudi lebih dekat.

Desainnya ngikut ke kakak tertuanya, R1 dan R6 yang belum dijual resmi.

Overall, Yamaha R15 2017 has it all. Apa yang diharapkan calon konsumennya tersedia, kecuali DOHC mungkin karena memang gak harus juga. Kecuali bagi yang gak tahan dicengin pengguna CB150/CBR150R yang DOHC.

Soal kelemahan SOHC terutama mesin Vixion/R15 current kalau menurut elmuha sih, kerasa lebih kasar aja, cuma kasar ini karakternya ya, bukan kasar rusak. Sedangkan yang dikeluhkan dari DOHC rivalnya, kasar bukan terus2an tapi kadang2 alias kondisi yang mungkin terlihat jadi kurang normal.

Kalau mesin SOHC R15 2017 bisa dibikin lebih lembut lagi sedikit terutama perpindahan persneling di rpm rendah, tentu akan semakin diapresiasi walaupun gak harus2 amat.

Oke, kita tunggu saja lah kehadiran calon All New Yamaha R15 2017 atau sebagian nyebut Yamaha R15 Facelift 2017 ini di Tanah Air.

0 Response to "All New Yamaha R15 2017, Yakin Sih Cakep Mampus"

Post a Comment