Solusi SSL Certificate yang Kadaluarsa (jika Anda suka ngirit juga seperti saya)

Kalau certificate SSL blog kita yang gratisan dari hosting udah expired, dan blog kita memang sudah migrasi ke https (atau terindex dengan https di google), maka akan keluar warning dari browser yang menyatakan bahwa blog kita tsb TIDAK AMAN. Tidak dipercaya.

Visitor biasa yang gak terlalu mengenal dunia server, saya yakinnya langsung tekan tombol Back alias nyari blog lain. Kalau saya, tergantung webnya, kalau penting banget, ya masa bodo dengan warning, alias lanjut terus.

Ngeri banget kan warningnya...

Karena penyebabnya sederhana, certificate kadaluarsa. Bukan berarti web tsb berbahaya kan?

Tentu yang berbahaya juga banyak...

Ini terjadi pada blog saya.

Ternyata gratis certificate SSL di blog baru saya tidak terbaharui setelah 3-4 bulan. Provider hostingnya lokal, yang juga jual SSL pastinya.

Nah,

Berhubung blog ini belum terlalu menjadi prioritas, masih berkembang tumbuh, jadi saya agak berat buat beli certificate SSL walaupun yang murah udah cukup banyak., 100 ribuan.

Bagaimana jika redirect lagi ke http? tanpa SSL?

SUSAH bro.

Saya menyimpulkan dari hasil browsing puluhan artikel dan beberapa pendapat, SSL itu diproses sebelum masuk server, jadi masih di kisaran browser aja.

Kalau begitu, redirect menggunakan .htaccess tidak akan sempat dilakukan server kita karena udah kehalang oleh blocker bawaan browser.

Solusinya kalau mau kembali ke http; harus pasang SSL (yang aktif) lagi, lalu redirect ke http, lalu setelah kadaluarsa, mungkin masalah SSL sudah gak ada, itu kalau index google gak ada yang https.

LUCUNYA...

Saya menemukan cara yang sangat sederhana, dan terbukti berhasil, mungkin hanya sementara.

Yang masih saya ragukan adalah bagaimana google SERP bot akan membaca SSL blog saya yang kadaluarsa certificate-nya.

GIMANA CARA?

Pakai cloudflare!

Yang gratisan aja kalau blognya belum besar.

Beberapa hari lalu baru saya sadari bahwa blog primary saya yang pakai SSL, ternyata certificate-nya berubah setelah pakai Cloudflare. Jadi certificate SSL di hosting gak berlaku lagi, at least saat visitor membuka blog tsb. Kalau Google Index Bot, saya belum tau, seperti saya katakan sebelumnya saya masih ragu. Perlu waktu untuk membuktikan.

Akhirnya saya coba-coba aja, menimbang visitor blog yang ini masih sangat rendah, jadi saya nyantai buat ngatasin.

Register di Cloudflare, tunggu satu hari, dan sekarang ketika cek di SSLlabs.com, point2 udah dapat A semua untuk certificate yang diklaim melalui Cloudflare.

Untuk sementara, persoalan blog yang keblock browser, teratasi.

Tapi sepertinya cara ini agak riskan.. Meskipun sangat membantu.

Kalau ada budget nganggur, beli certificate SSL tentu lebih direkomendasikan. Atau kalau Anda gak malas, bisa cari SSL gratisan.

BAGAIMANA CLOUDFLARE TAHU?

Mereka tidak tahu, mereka hanya tempe... apaansih.

Cloudflare otomatis ngedetek blog, apakah pakai http, atau https, gituh...

Ada 3 blog saya yang sudah pakai Cloudflare, satu di antaranya gak pakai https.

APA LAGI?

Nah, kalau udah gini, redirect sebenarnya bisa diusahakan, dengan .htaccess (mungkin), atau dengan redirect yang disediakan di layanan Cloudflare. Dua2nya belum saya coba, dan sepertinya tidak akan saya coba dulu.

Kalau semua berjalan mulus, saya saat ini cenderung lebih suka https, alias dengan SSL walaupun gratisan. Alasannya apa ya, gak tau lah, mungkin karena saya kezel ama google yang suka ngindex blog dengan https, padahal setting blog cuma http.

Mereka memprioritaskan index https jika blognya memang bisa diakses menggunakan https, gak peduli apakah setting standarnya http aja atau https. Kecuali kalau kita redirect semua link ke satu link (apa ya, canonical).... Dan itu yang saya sudah lakukan di beberapa web, tapi saya copot lagi setelah beberapa bulan, beban hosting jadi lebih berat, gak tau salah di mana.


Oke... kesimpulannya... masalah SSL kadaluarsa ini bisa diatasi (sementara) menggunakan layanan Cloudflare.

Silahkan coba kalau suka coba-coba, atau cari cara lain yang lebih direkomendasikan.. Semoga menginspirasi.

0 Response to "Solusi SSL Certificate yang Kadaluarsa (jika Anda suka ngirit juga seperti saya)"

Post a Comment