Di Mana Bisa Numpang Tidur?

Yang punya rumah, ya tidur di kamar.

Tapi di sini, konteksnya adalah, ngegelandang, tidurnya di mana?

Mari kita listing satu-satu!

#PENGINAPAN

Mulai dari losmen, guest house, dorm, hotel melati, sampai hotel bintang 5. Tergantung budget aja, dan lokasi nginep. Di kota kecil, gak akan ada hotel bintang 5, bintang 2 juga udah syukur2an.

#RUMAH TEMEN (& SAUDARA)

Manfaat punya temen banyak salah satunya adalah, dimintain tolong. Ya yang bisa kita minta dalam soal tidur adalah, numpang nginep semalam.

#(EMPERAN) MASJID

Masjid itu bukan tempat tidur, tapi ya kok kebangetan banget kalau pengurus DKM tega ngusir orang yang numpang tidur.

Untungnya, cuma sedikit yang begitu. Ya asalkan kitanya tau diri. Masjid buat sholat, bukan buat tidur. Jadi sebaiknya kita tidurnya di emperan, jangan bikin kotor, dan tentunya, usahakan ikut jamaah saat Shubuh tiba.
3 minggu lalu, numpang tidur di emperan masjid.

#MUSHOLLA

Nah, lumayan banyak musholla yang gak dikunci pintunya. Ini lebih aman dari masjid. Cuma biasanya musholla letaknya lebih ke dalam pemukiman.

#EMPERAN TOKO

Kalau jalan agak ramean, bisa coba yang ini. Tidur di emperan toko yang tutup, ya beneran mirip ama gelandangan beneran. Gak apa-apalah. Kalau ngantuk berat mah, tidur di emperan juga bakal nikmat macam di hotel berbintang.

#MUSHOLLA SPBU

Kalau bawa mobil sih, tinggal parkir, terus tidur di mobil. Tapi buat yang bawa roda dua, maka musholla yang bisa kita tumpangi. Cuma ya, sambil ngisi BBM yah. Meskipun tampak aman, saya kok kurang merekomendasikan SPBU untuk tukang tidur yang gak ngeh ama sekitar alias terlalu lelap tidurnya. Kurang aman kalau kita bawa banyak barang berharga.

#WARNET

Tarif warnet itu lumayan murah. Kalau misalnya 2rb perjam, maka tidur 6 jam cuma 12 rebu aja. Sayangnya, agak susah nyari warnet yang lega, lesehan.. Udah cukup langka yah.

#RESTORAN TRUK

Biasanya ada tempat tidurnya. Ya numpang aja di situ, tapi jangan lupa beli makannya juga.

#WARUNG2 (& EMPERAN) TAK TERPAKAI

Ini cuma buat pemberani sih. Gue aja masih mikir2 buat yang ini.

#FASILITAS UMUM

Termasuk terminal, stasiun, dan bandara. Agak riskan sih dengan barang bawaan, tapi kalau terpaksa, atau gak sendiri, ini tempat yang sering digunakan orang2 untuk numpang tidur.

#TRANSPORTASI

Kalau punya mobil pribadi, bisa brenti di mana aja, lalu tidur. Nah, bagi yang gak pake mobil pribadi, pun masih bisa tidur di mobil orang.

Misalnya mau perjalanan jauh, coba pertimbangkan untuk ambil bis malam, bisa tidur panjang, bangun-bangun sampai tujuan. Begitu juga dengan pesawat, lumayan kan. Tapi jarang sih yang naik pesawat dini hari gitu. Saya pernah mendarat di bandara Suhat jam 12 malam.

#CAMPING

Tidur di tenda. ah, asiknya....

#KANTOR POLISI

Ini kantor kalau malam sepi loh. Beraniin aja minta izin buat numpang tidur. Eyke belum pernah sih, tapi mungkin suatu saat, akan.

Itu dia gaes, alternatif pilihan tempat tidur. Cuma penginapan dan warnet yang mesti bayar, lainnya gratis meskipun sebaiknya kita tetap mengeluarkan uang untuk "pantes2".

Ntar kalau ada ide lainnya diupdate lagi.. :D

Btw, yang mana tempat favorit elmuha?

Tidur di masjid/musholla sering, penginapan juga lumayan sering. Jadi, ya, dua itu...

Lainnya; di sarana transportasi dan SPBU.

0 Response to "Di Mana Bisa Numpang Tidur?"

Post a Comment