Diperbolehkan Melangkah di Depan Orang Sedang Shalat, dengan Syarat Ini

Mari sedikit belajar Fiqh ala elmuha. Tentu saja, karena ala saya, maka bahasanya sepena' dewe.

Oke, jadi pertanyaannya,

Bolehkah kita melangkah di depan orang sholat?

Jawaban mudahnya, YES, BOLEH!!!

Tapi....

Ini yang mesti diketahui, kita boleh melangkah di depan orang sholat, dengan SYARAT tidak dalam area sujud yang sedang sholat. Perhatikan gambar ilustrasi berikut.


Kita boleh jalan setelah garis hitam.

Kalau di masjid yang karpet bermotif sajadahnya digelar, kita bisa sangat mudah melihat batas sujud orangnya sampai mana.

Kalau gak ada garis-garisnya, atau sholat di lantai keramik, seharusnya yang sholat itu menaruh suatu barang di depannya sebagai batas dia sujud, memberitahu orang lain di mana mereka boleh jalan kaki melewati dia.

Begitu...

Dalilnya apa dong??

Aduh, lagu surat cinta untuk starla aja elmuha gak apal, apalagi dalil ini, :D

Tapi elmuha belajar di pesantren itu berbasis kitab yang tentunya berbasis Al-Qur'an, Hadist, dan para Ijtihad 'Ulama Salaf.

Tanya saja pada ustadz manapun, saya yakin jawabannya mirip seperti bahasan saya di atas.

Jadi,

GAK BOLEH MELANGKAH dalam area sujud orang yang sedang sholat. INGAT itu.

Saya pernah liat, temen saya sedang sujud, dilangkahin kepala dia, tentu saja dia marah banget dan ngadu ke saya.

Lah orang ngelangkahin area sujud di depan orangnya saja gak boleh, ini dilangkahin kepalanya, luar biasa itu orang.

Sayangnya saya sedang sholat juga di belakang dia.

INI PENTING!!!

Saat akan ada orang lain melangkah di depan kita yang masih dalam area sujud, kita harusnya melarang orang itu dengan menghalau dengan tangan.

Tangan kita naikkan seperti tiang pembatas jalan gitu.

Atau, bagi orang sebelahnya yang tidak sholat, juga bisa menghalau orang yang akan lewat di depan orang lain yang sedang sholat.

Intinya sih,

JANGAN MELANGKAH DI AREA SUJUD ORANG YANG SEDANG SHOLAT!

Maka kita yang sedang sholat, atau kita yang melihat ada orang lain sholat, harus mengusahakan agar kejadian melangkah di depan orang sholat ini tidak terjadi.

Susahnya adalah ketika anak kecil yang mau lewat, kalau dihalau, bisa nangis, hehe.

Atau pernah elmuha liat, dihalau pake tangan, eh maksa terus anak kecilnya, ya kalau udah gitu sih susah..

LALU....

Melangkah di depan orang sholat dalam area sujud, itu ada yang diperbolehkan, yaitu ketika yang sholat berada di jalan lewat.

Ini perlu pembahasan lebih lanjut. Jadi elmuha bilang sekarang, pakai keyakinan gak boleh aja wes, daripada salah.

Karena saat ini di masjid2, itu pintunya gak satu, dan jarang sekali kejadian gak bisa lewat karena ada orang sholat ini terjadi.

Bahkan ketika terjadi, pun kita mesti mempertimbangkan, apakah kita harus benar-benar lewat saat itu juga, kenapa gak nunggu aja sebentar lagi..

Apa lagi ya, ada satu hal lagi yang elmuhe pengen bahas tapi lupa.

Sementara, sekian dulu. Mudah-mudahan berguna.

Saya menulis ini karena terinspirasi tadi, saya memperhatikan orang-orang yang bingung karena jalan keluarnya ribet, ketutup ama beberapa orang yang sholat sunnah di sekitar elmuha.

Lalu beberapa jama'ah jalan zigzag dengan jarak yang sangat dekat dengan area sujud orang yang sedang sholat, dan yup, itu gak apa-apa.

Ada juga yang cari jalan lain, itu tentu gak apa-apa banget juga.

Asal, pokoknya jangan melangkah di area sujud orang yang sedang sholat, titik!

2 Responses to "Diperbolehkan Melangkah di Depan Orang Sedang Shalat, dengan Syarat Ini"

  1. mungkin bisa dilengkapi sumber yang jelas dalam tulisan agar lebiih kredibel. kalau saya biiasanya nunggu sampai yg sholat selesei

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan di atas dibaca semua?

      Mohon jangan salah nangkep. Judulnya saya buat kontroversial.

      Belajar ala saya gak perlu nulis sumber kalau perkaranya sudah jelas banget, itu hasil bljar di psantren dan kajian2. Karena saya pnulis yg agak malas.

      Delete