ULANG TAHUN....

Dulu, waktu kecil, elmuha udah pernah ngalamin yang namanya siram-siraman air pas ada yang ulang tahun.

Bahkan pernah juga lempar2an telor.

Ya, itu jaman SD.

Elmuha dan temen2 cowok sih ikut-ikutan doang ama anak2 cewek. Sepertinya mereka itu udah paham banget. Mungkin bener, cewek lebih dewasa dari cowok meski sama umurnya.

Setelah lulus SD, di SMP, boro2 mikirin ulang tahun, kayaknya elmuha sendiri lupa ama tanggal ultah sendiri. Saat ini saya gak ingat apa yang terjadi di jaman SMP kalau saya ultah.

Beranjak ke SMA, ternyata perayaan ultah kembali menjadi tradisi elmuha,

Tanpa elmuha tau, di hari ultah elmuha, temen2 pada main, ya meskipun jujur saja gak jelas apa sebenarnya tujuan mereka ke daerah tinggal saya dan temen, di awn.

Di ultah yang lain, elmuha dikasih kejutan lagi, tak ketinggalan ada kuenya.

Kalau ditanya apakah elmuha seneng dapet kejutan begitu, jujur jawab, engga sih, biasa aja.

Tapi elmuha tetap menghargai dan berterimakasih pada teman2 yang sudi repot demi elmuha.

Dan ya, tradisi kejutan atau perayaan ulang tahun ini, elmuha lakukan juga untuk temen lain, yang akrab, atau the genk.

Setelah lulus SMA, elmuha kembali seperti di jaman SMP, gak peduli ama ultah-ultahan.

Cuma sekali ada kejutan di kelas kampus, dan beberapa kali ngelihat orang lain diiket di tiang listrik, seperti kejadian tewasnya korban ultah beberapa bulan lalu, ya mirip lah begitu.

Tapi elmuha gak pernah ikutan aneh-aneh, don't really care.

Ya, faktanya saya ini memang gak begitu peduli dengan ultah orang lain. Sedangkan ultah sendiri, beberapa tahun terakhir saja elmuha bisa benar-benar peduli.

Bahkan sepertinya elmuha juga belum pernah ngucapin ultah ke kakak sendiri.

Ke adik saya paling kecil juga engga. Apalagi, boro-boro ke ayah dan ibunda elmuha.

Nope. Bukan elmuha gak peduli dengan mereka, hanya saja, kami sama-sama gak peduli dengan hal begituan.

Beda dengan adik elmuha yang udah gede. Tiap ultah, biasanya ngucapin, bahkan beberapa kali ngasih kado.

Ya begitu.. Beda orang, beda perlakuan saya ke mereka.

Bagi mereka yang sangat peduli dengan urusan ultah, maka elmuha juga peduli. Atau mungkin lebih tepatnya, berusaha peduli.

Tapi misal di hari elmuha ultah gak ada yang ngucapin, pun gak kenapa-kenapa, biasa aja.

SEDIH......

Di hari ultah saya, seringnya saya itu sedih.

Waktu ulang tahun, itu mengingatkan elmuha pada kegagalan-kegagalan yang udah dialami.

Di moment ultah juga, adalah waktu terbaik elmuha untuk introspeksi diri, serta membuat resolusi ke depan. Moment di hari ultah itu bagi saya lebih sakral dibanding moment tahun baru untuk membuat sebuah resolusi hidup.

BERSYUKUR....

Kenapa ada ucapan selamat ulang tahun?

Entahlah... Saya sebenarnya kurang cocok. Karena ultah ini merupakan hal yang kurang asik di hati.

Tapi sebenarnya, ini juga adalah sebuah rahmat, nikmat..

Nikmat hidup sehingga kita masih diberi kesempatan hingga bertambah usia kita, meskipun ya, tentu saja sisa umur kita berkurang.

Semakin tumbuh, seharusnya semakin bijak kita, itulah sebuah nikmat yang pantas untuk diberi kata selamat.

DO'A....

Ya, harapan kita di tahun ke depan, adalah yang paling penting dari moment ultah.

Karena itulah, moment ini banyak dimanfaatkan orang lain untuk mendo'akan kita.

Hidup lebih baik, hidup lebih barokah, itu yang rata-rata diharapkan manusia.

Hari ini, ada puluhan, bahkan mungkin puluhan ribu orang di dunia yang sedang berulang tahun.

Karena itu, untuk kalian semua, lalu khususnya untuk kamu, iya kamu,

Selamat ulang tahun! Semoga hidup kamu bisa lebih baik dan barokah. Semoga sukses selalu dan lebih banyak keinginan yang dikabulkan oleh Allah.



0 Response to "ULANG TAHUN...."

Post a Comment