Biar Gak Nyesel di Penghujung Tahun 2018

Apa Anda punya goal atau resolusi di tahun 2018?

Gak punya? Good.

Setidaknya hidup Anda pasti bisa lebih mudah bahagia.

Saya, however...

Juga pengennya gak punya resolusi... Tapi keadaan ini memaksa saya untuk terus beresolusi setiap tahun, ckck..

Tuntutan dari orang lain yang membuat saya harus melakukan ini itu...

Ya, memang... Banyak hal yang juga merupakan tuntutan diri sendiri.. Tapi saya bisa melakukan dengan cara yang berbeda, jika tak memperdulikan keinginan orang lain..

Apalagi, orang tua juga seakan menuntut hal-hal yang... ah sudahlah...

Bagaimanapun, jika resolusi2 yang saya buat bisa dicapai, yang bahagia, tetap saja saya sendiri, bukan mereka yang menuntut..

Jadi, syukuri saja ketika banyak orang lain yang menuntut, mungkin mereka keterlaluan sayangnya ama kita... yo'i coooy..

....

Alright alright....

Terus gimana dong biar resolusi tahun ini bisa tercapai? Atau setidaknya kita mencapai sesuatu di tahun ini. Biar tentu saja, gak nyesel di perayaan tahun baru 2019 gara2 tidak memiliki pencapaian apapun di 2018, jangan sampai terjadi lagi deh.. Bosen soalnya, wkwk.

Caranya sudah banyak dishare orang-orang pinter, apalagi di awal2 tahun begini. Bermunculan artikel2 tentang bagaimana agar resolusi kita di 2018 ini tercapai, sukses!!!

Termasuk saya saat ini..

Saya menulis ini sebenernya, seperti biasanya, untuk pengingat diri sendiri.

Katanya kan, lu baca atau denger dari orang lain, lu bakal tau, lu paham sedikit. Tapi ketika lu share lagi ke orang, apalagi bisa ngajarin orang, lu bakal totally understand.

.....

Langkah-langkahnya simpel sebenernya, ngelakuinnya yang agak susah... berat maksudnya. Susah sih enggak, cuma badan ini berat banget buat diajak gerak.

Yang pertama...

Mesti buat target, goal, pencapaian apa yang ingin diraih.

Tapi sebelumnya, coba buat dulu, bidang apa saja Anda akan fokus.

Misalnya,

Saya akan fokus ke hal-hal berikut;

  • Pendidikan
  • Spiritual
  • Bisnis dan uang
  • Kesehatan badan
  • Hubungan
Ya itu contoh aja sih..

Lalu, setelah bikin beberapa fokus, mari kita buat goal spesifiknya..

Misalnya...
  • Baca 20 buku selama 2018
  • Tahajud rutin
  • Pendapatan naik 100x lipat dari 2017
  • Berat badan ideal
  • Nikah...
Ya sekali lagi, itu cuma contoh.. Dan bukan goal saya, karena saya gak punya goal nikah di 2018... sama sekali engga..

Lalu...

Yang kedua, buat jadwal rutinitas atau ritual untuk bisa mencapai goal itu semua.

Misalnya...
  • Beli satu buku per 2 minggu, dan harus selesai dibaca habis
  • Latihan tahajud 1 kali seminggu tiap malam jum'at dulu... Lalu berangsur2 lebih sering..
  • Lipatkan promosi bisnis, duplikasi bisnis, dsb...
  • Jogging setiap dua hari sekali, tambah nge-gym lebih baek... Makan yang sehat
  • Untuk target nikah, saya gak ada bayangan ritual apa yang harus dilakuin, mungkin berdo'a saja.
Nah...

Itu sudah setengah langkah untuk sukses, eh maap, itu belum apa-apa, baru rencana..

Langkah berikutnya setelah rencana, tentu saja, DILAKUIN!

Ya, buat apa rencana kalau cuma dibaca, hahaha... Macam kebiasaan saya nih..

Lakukan dengan kadar mulai yang terkecil, termudah, tercepat durasinya. Lalu tingkatkan sedikit demi sedikit sampai kita menjadi terbiasa, dan tak terbebani lagi untuk melakukan ritual2 untuk mencapai goal 2018.

Misalnya...
  • Baca 1 halaman buku saja dulu perharinya...
  • Tahajud bangun 10 menit aja dulu terus tidur lagi..
  • Jalan kaki aja dulu keliling rumah....
  • Dst...
Hal kecil yang kita lakukan, itu akan berefek pada energi kita yang akan bertumbuh. Dari yang tadinya males2an, setelah cobain jalan kaki 1 menit, eh pengen 5 menit, terus minggu ebrikutnya, eh pengen lari... 

Gitu...

Setelah rutin 2 bulan berturut2 sih, mestinya kebiasaan baru akan terbentuk. Dan kita tak perlu motivasi lagi untuk melakukannya, udah biasa...

Tinggal terusin, kalau perlu, tingkatin goal lebih tinggi, lebih besar, asalkan sudah terbentuk habits yang kita bangun di awal..

Ya, mudah-mudahan alam bawah sadar saya nangkep tulisan dari jari-jari ini... Biar saya bisa ikutan gak nyesel di perayaan kembang api tahun baru 2019...

Hmm... jadi ngayal.. Kayaknya asik kali ya, ngerayain tahun baru 2019 di Iceland.. hahaha.. ngayal teroooos. Kayaknya lebih asik di rumah bakar jagung ama family....

0 Response to "Biar Gak Nyesel di Penghujung Tahun 2018"

Post a Comment