Persyaratan Adsense Youtube Partner Lebih Berat, Bagaimana Menyikapinya?

Pada April 2017 lalu, Youtube mengumumkan bahwa batas minimal untuk bisa ikut program Youtube partner atau sering kita sebut Adsense Youtube adalah 10.000 views sepanjang waktu.

Saya baru tau itu di bulan Oktober 2017, karena memang sebelumnya tak terlalu peduli dengan Youtube Adsense.


Dan saat tau itu, jelas saya senang karena saya punya beberapa channel yang melebihi batas tsb. Bahkan ada channel yang belum sempat saya urus lagi pun sudah di atas 70.000 views all time dengan jumlah video 4 buah saja.

Tapi tentu syarat tsb tidak mudah untuk semua orang, beberapa yang baru masuk dunia Youtube, mungkin merasa syarat tsb terlalu berat.

Tapi kalau 10.000 views lifetime dianggap berat, bagaimana dengan persyaratan yang baru?

Pasalnya, pada tanggal 16 Januari 2018, diumumkan lagi bahwa syarat untuk mengikuti program monetisasi Youtube menjadi 4000 jam penayangan dalam 12 bulan terakhir dan 1000 subscriber.

Pakai DAN ya, bukan ATAU. Jadi mesti dua-duanya, 4000 jam dan 1000 subscriber... Ya saya nangkepnya gitu..

Mungkin 4000 jam tidaklah terlalu berat. Tapi 1000 subscriber, oh ini amat sangat lumayan.

Beruntunglah Anda yang sudah mencapai threshold tsb, artinya Anda bisa lanjut atau mulai ikut.

Syarat ini berlaku pada 20 Februari 2018.. Kita diberi waktu 30 hari untuk mengejar syarat tsb, atau jika gagal, fasilitas monetisasi di Youtube akan disable lagi..

Saat saya iseng buka Youtube blog, seperti sudah saya duga, banyak sekali yang komplain tentang syarat baru ini, dan tentu saja, membuat teori-teori dan spekulasi.

Saya sebagai pengguna Youtube kecil, jujur menerima dengan lapang dada..

Meskipun jelas banyak tidak setuju dengan pernyataan mereka.

Misalnya, kita-kita orang kecil disatukategorikan dengan BAD ACTORS!

Padahal, justru channel-channel kecil yang punya kualitas konten normal, alias tidak dibuat-buat seperti banyak channel besar yang punya ratus ribuan bahkan jutaan subscriber..

Memang tidak bisa disamaratakan begitu... Banyak channel besar yang memang bagus pake banget, misalnya MKBHD, atau channel teknologi lainnya..

Tapi coba lihat misalnya The Richest, channel mereka itu masuk kategori yang kurang berkualitas ya kan, cuma memang menarik untuk ditonton.

Namun saya adalah saya... Terbiasa menerima jika memang dibutuhkan begitu..

Masuk akal sekali jika Youtube membuat syarat ini.

Karena, pendapatan adsense Youtube untuk channel yang belum 1000 subscriber, apalagi 4000 jam lifetime watch time, memang sangat kecil.

Bahkan dibilang di blog Youtube bahwa 99% dari total channel itu punya pendapatan $100 dalam satu tahun... edan juga kan...

Hanya secuil yang mendapatkan pendapatan lumayan.

Tapi secuil ini tentu jumlahnya sangat banyak juga, seluruh dunia bro.

Sedikit cerita...

Saat membangun website untuk adsense, saya biasanya menetapkan minimal visitornya 500 UV per day.. Bahkan kadang itu belum cukup, hingga lebih dari 1.000 views per day baru saya pasang adsense.

Itu padahal tidak ada minimal syarat dari Google, tapi saya sendiri yang buat syarat.

Jadi, jika Youtube ingin iklan-iklan dari client mereka ditempatkan di channel yang memang sudah tumbuh lebih besar, maka sangat masuk akal bagi saya..

Namun itu tadi, saya sendiri tak punya channel yang sudah melebihi 1000 subscriber..

Tapi ini salah saya sendiri...

Saya belum bisa fokus ke Youtube, belum benar-benar mengusahakan untuk mendapat ribuan subscriber...

Lalu bagaimana saya menyikapi tantangan 30 hari ini?

Saya akan berusaha dulu, membuat konten2 lagi, rutin dalam waktu 15-30 hari ke depan. Jika semua video bisa mendapatkan total 150.000 views saja, dengan rata-rata waktu tonton 2 menit per video, maka itu sudah bisa melampaui ambang batas syarat Youtube Partner yang 4000 jam.

Soal 1000 subscriber, ini lebih complicated...

Sering lihat kan di Youtube, banyak video yang jutaan, bahkan puluh jutaan views namun subscriber cuma puluh ribuan bahkan ada yang di bawah 1000..

Ya, karena subscriber itu biasanya yang penasaran akan ada video baru yang lain..

Jadi, konten selain harus bagus, juga harus nagih...

Ambil contoh satu channel saya yang tidak terlalu diurus,

Jumlah views-nya 89.152 views, dengan total waktu tonton 106.113 menit atau setara 1768 jam. Hampir setengah dari syarat Youtube Partner..

Tau gak subscribernya berapa, 45 biji.

Ada lagi satu channel saya yang lain, jumlah subscribernya 29 orang, dengan total tonton 23 ribu kali...

Itu semua tidak ada ajakan serius untuk subscriber, ya macam banyak channel-channel lain gitu.. Saya belum sampai begitu..

Jangankan begitu, saya memberitahukan channel saya ke temen atau saudara juga ogah, padahal kan lumayan.

Jadi, kalau Anda pengen banget dapat subsciber lebih, selain bikin konten yang nagih, coba aja tambahin kata-kata mengajak yang orang mau klik subscribe... Kalau perlu, minta semua temen atau orang yang ditemuin untuk subscribe channel Anda.

Kesalahan saya dalam membangun channel adalah tidak digabung jadi satu... Jadi subsciber-nya misah-misah.

Tapi itu punya alasan dan tujuan..

Salah satunya, jelas karena fokus kontennya beda..

Tapi yang saya tau dari pengalaman yang terbatas; Membangun channel Youtube tidaklah terlalu sulit, yakin deh...

Yang sulit itu adalah membuat diri kita rajin berkomitmen membangunnya....

Jadi, kalau Youtube membuat syarat baru yang lebih berat, itu bukan salah mereka, tapi salah kita yang kelamaan ngebangun channel. Kebanyakan mikir no action...

Yuk ah... kita bangun, lumayan loh...

Kalau sukses dalam 30 hari mengumpulkan 150.000 views, bulan depannya bisa lebih, anggaplah sama, 150.000 per bulan...


Itu nilainya berapa? Anggap saja per 1k views = $0.4.. Maka per bulan sudah bisa dapat $60 atau sekitar 800 ribu rupiah..

Ya, kalau mau komplain sih gampang banget, tapi menurut saya, gak ada gunanya komplain ke perusahaan super besar macam Youtube. Mending kita anggap sebagai motivasi saja... Oke brur!!!

0 Response to "Persyaratan Adsense Youtube Partner Lebih Berat, Bagaimana Menyikapinya?"

Post a Comment