Kenapa sih harus punya tujuan hidup?

Kalau anda "seperti" saya, maka jelas, tujuan kita hidup di dunia ini adalah untuk beribadah kepadaNya.

Tapi, printilan beribadah itu sendiri sangatlah beragam.

Misal, ada yang beribadah dengan menjadi seorang dokter. Ada yang beribadah sebagai seorang guru, seorang pemadam kebakaran, seorang politikus, dsb..

See?


Mereka semuanya bisa beribadah namun dengan status yang berbeda-beda.

Terus, apa sih gunanya itu semua, kenapa harus "menjadi" seorang ini dan itu?

Jawabannya adalah, agar hidup kita bisa lebih terarah, dan lebih bergairah menjalaninya.

Kita punya titik yang ingin dituju, otomatis keseharian kita akan berusaha mendekat ke titik itu.

Dengan punya tujuan, hidup kita lebih bergairah, tidak malas-malasan, karena dengan bermalas-malasan, kita akan sangat lama sekali untuk mencapai titik tujuan itu bahkan mungkin tidak pernah sampai.

Lalu, kita juga bisa "lebih" baik dari yang lain karena memang kita melakukan hal yang lebih juga. Namun tidak serta merta menghalalkan kita untuk mengecilkan yang lain loh ya.

Misalnya, seseorang yang hanya berambisi sebagai manusia yang mengalir mengikuti arus kehidupan, maka kesehariannya mungkin akan melakukan hal yang biasa-biasa saja, pencapaiannya pun akan biasa saja, dan lalu dia mati sebagai orang yang biasa saja.

Bandingkan dengan misalnya seorang yang berambisi sebagai pengusaha besar dengan ratus ribuan karyawan, sukses dengan tetap beriman kepadaNya, maka dia mati sebagai orang yang berjasa dalam membangun lapangan pekerjaan dan tentu saja itu bermanfaat bagi manusia lainnya.

Tujuan hidup, membuat kita melakukan hal yang tidak dilakukan orang lainnya.. membuat kita lebih produktif, dan memberikan manfaat yang lebih besar pada manusia..

Kira-kira, seperti itu, sesuatu!!

Bagaimana jika tidak memiliki tujuan hidup?

Saya kira sah-sah saja, asalkan itu tadi, tetap menjalani kehidupan yang sudah ditakdirkan, yakni beribadah kepadaNya.

Tapi, beribadah dan bertakwa kepadaNya itu juga termasuk di dalamnya adalah bersyukur dengan segala nikmat yang diberikan, cara bersyukur bisa dilakukan dengan memanfaatkan apa yang kita punya, termasuk energi dan waktu kita, untuk melakukan hal yang bermanfaat, apa saja bentuknya.

.....................................................

2 minggu gak ngetik, kok bisa cepet banget gini ya gue ngetiknya, padahal biasanya 3 hari aja gak nulis di keyboard laptop, langsung gagap, ini beda banget. Ah... mungkin ini berkat do'a mamah papahku... eh, mimih abahku... love you full!!!

1 Response to "Kenapa sih harus punya tujuan hidup?"

  1. Alhamdulillah, memacu semangat memiliki goal/tujuan

    ReplyDelete