Persaingan Blog Motor jadi agak aneh, berubah total

Sebenernya gak cocok saya sebut persaingan ya karena kan gak tau mereka para ownernya emang bersaing atau tidak.

Beberapa bulan lalu saya melakukan alexa rank checking pada banyak blog motor populer di Indonesia.

Dan seperti biasa, IWB dan TMC menempati posisi teratas.

Namun tadi, saya sempet kepo dengan alexa rank blognya mang Kobay, kok jadi gemuk gini ya.

Lalu ngecek juga blog lain, malah lebih ramping. Lalu cek blognya kang Ari, wah lebih ramping ini.

Terus akhirnya ngepoin blog motor paling kondang, nah ini, ternyata pada pertengahan tahun kemarin, ada yang terjun bebas, dari puluhan ribu kecil, sekarang berada di seratus ribuan.

Ada apakah?

Sebenernya ini fenomena yang biasa saja, apalagi kadang alexa rank itu agak kurang sesuai kondisi.

Namun sering juga ada halaman yang hilang dari peredaran page 1 google serp. Misal tadinya ada beberapa halaman yang sangat tinggi pengunjungnya, lalu mundur ke page 2 atau 3, maka akan terjadi perubahan jumlah visitor secara signifikan.

Atau, kadang karena webnya berat diakses, atau bahkan error.

Karena itulah, ngejaga blog memang gak mudah.. walau mungkin terlihat gampang.

Persaingan di dunia blogging enggak seperti dulu.

Dulu gampang banget masuk page 1, sekarang juga gampang, tapi itu buat blog yang memang sudah sangat powerful. Misalnya blog elmuha ini, wkwk...

Dulu pernah powerful loh waktu masih diurus rutin.

Sekarang mah boro-boro... alexa udah di bawah 1 juta aja jadi naik liar lagi... beuhh..... ampyun.

Makanya ada satu nasehat keren; bekerjalah seakan-akan kompetitormu kerja 24 jam non-stop.

Dan memang faktanya demikian bukan?

Di dunia blogging ini, saingan ada ribuan, dan sebagian besar dari mereka banyak yang sampai begadang...

Kebayangkan gimana sulitnya?

Tapi jangan sediiih bagi blogger amateur... termasuk saya...

Jatah di internet itu seperti ada yang mengatur, ya bukan seperti sih, memang ada yang mengatur :D

Maksudnya, siapapun pasti suatu saat dapat jatah visitor bejibun..

Entah dari mana datangnya, entah artikel yang berjudul apa, pokoknya ada saatnya deh....

Jadi, tetap semangat kawan... never say never kalo kata bro Justin mah....

Disclaimer; saya bukan fans dia.

0 Response to "Persaingan Blog Motor jadi agak aneh, berubah total"

Post a Comment