Inilah alasan kenapa orang Indonesia suka menyisakan satu makanan di piring!

Tau gak kenapa?

Orang Indonesia-seperti kita sering saksikan, mungkin termasuk Anda juga, tidak suka menghabiskan makanan di piring atau di meja.

Pasti disisain satu...

Tentu gak semua kaya gitu. Temen saya ada yang malah suka ngabisin sisa makanan di meja.

Tapi u know lah.. banyak kan yang begini.

Banyak orang berpendapat;

Alasannya adalah soal kesopanan saja, karena budaya kita yang mesti apa ya, gak tamak. Minimal ya gak keliatan tamak, jadi lah ada sisa terus di piring.


Ini kebiasaan yang menurut saya gak bagus, ya biar apa coba.

Saya barusan membuang satu iris makanan enak, karena disisain satu di wadah dan akhirnya gak kemakan.

Nah, alasan lain yang sering orang bilang adalah soal MALU aja, ya ini sebenarnya masih nyambung ama soal kesopanan lah ya..

Tapi, ada nih satu alasan yang belum saya denger dari orang lain, malah tiba-tiba terpikir ketika sedang mencuci wadah di cerita tadi.

Mungkin ini...

Alasan orang gak mau ngabisin makanan di piring atau wadah, adalah karena orang Indonesia gak suka dengan yang namanya, TANGGUNG JAWAB!

Ya kan, coba deh, kalau makanan abis di piring, kan gak enak kalau piringnya dibiarin gitu aja, kosong.

Pilihannya bisa ngambil lagi makanan, atau ya ditaro di tempat yang lebih aman, atau bahkan diberesin bawa ke dapur dan lalu dicuci wadahnya. Ribet kan?!

Jadilah, biarkan orang terakhir yang akan bertanggung-jawab.

Setuju???

Ya kalau gak setuju coba silahkan sebutkan alasannya apa..

Jujur saja, saya kadang gak mau ngabisin karena gak mau dicap sebagai orang yang ngabisin makanan, malu.. Jadi, yes... ini betul banget merupakan salah satu alasannya.

Kadang, saya bukan malu, tapi kasian ama orang lain yang ingin mencicipi karena belum kebagian, dan kalau ternyata abis, apalagi kita sendiri yang ngabisin, tambah-tambah deh, udah kasian.. tambah gak enak hati...

Tapi kok saya malah kayaknya belum pernah ya gak ngabisin makanan karena males beresin tempatnya.

Namun saya yakin pasti ada lah orang yang begitu.

Ya, sekian..

Diskusi yang gak penting-penting amat...

Kesimpulan, dikarenakan saya gak terlalu suka budaya menyisakan makanan, ya akhirnya sih saya akan selalu liat sikon, apakah akan ada yang ngabisin ini makanan, daripada kebuang. Kalau jelas-jelas gak ada, maka akan saya sikat habis. Terutama makanan-makanan yang susah buatnya. dan tentu saja yang saya doyan saja.

0 Response to "Inilah alasan kenapa orang Indonesia suka menyisakan satu makanan di piring!"

Post a Comment