ARTIS jadi YOUTUBER, please bro, kalian YOUTUBER jangan jiper...

Meskipun sudah upload puluhan video ke Youtube, jelas saja saya belum bisa mengaku sebagai Youtuber, because I am not.. I am just a blogger...

Tapi banyak Youtuber yang ngaku sebagai Youtuber...  Piye toh?

Youtuber itu ketika tak dipakai sebagai nama, maka akan melibatkan seluruh pengguna yang memakai layanan Youtube. Tapi ketika sudah menjadi sebuah nama, maka akan saya fokuskan ke mereka yang bikin Vlog..

Loh kok?

Iya, kalau gak bikin vlog kayaknya kurang pantes disebut Youtuber, cukup Content Creator sazaaa...

Siapa aja Youtuber terkenal? Menurut saya, di Indonesia ya ada si Atta, Ria Ricis, Raditya Dika, Baim Wong, dan mereka-mereka dah.. banyak banget.
Nah, di situ ada Raditya dan Baim, mereka berdua saya anggap artis yang merambah Youtube. Meskipun Radit memang terkenal dari dulu di Youtube, tetap aja dia udah terkenal duluan sebelumnya sebagai artis dibanding sebagai Youtuber..

Saya sempat terpikir, cuma bentar aja bahwa, artis tidak seharusnya jadi Youtuber. Kenapa?

Karena turun kelas masbroooo...

Namun, kasta Youtube yang semakin naik, akhirnya ya mungkin jadi sah-sah saja artis turun kelas, atau bahkan beberapa tahun lagi, kelas Youtube malah di atas TV..

Well, gak sah sih.. Youtube is just one of many video websites.. Terlalu berlebihan kalau bandingin Youtube dengan TV, harusnya; Internet vs TV (+ offline media)

Daaan... video website paling terkenal saat ini adalah Youtube. Meskipun Facebook dan Instagram itu juga termasuk pesaing Youtube, cuma mereka gak fokus, makanya gak dianggap sebagai rival YT.

Hmm...

Lanjut.. Masuknya artis ke Youtube ternyata bikin gundah-gulana para Youtuber kecil..

Gue yang termasuk kecil tapi gak mau disebut Youtuber ini cuma pengen bilang; kalian terlalu mengecilkan diri kalian sendiri men!

Dan kalian mungkin terlalu "memuja" artis...

Mereka tuh sama aja lagi, mereka bisa hebat juga karena dibantu produser, sutradara, tukang make up, videographer handal, dan segala tetek dada bengek lainnya..

Dan.. Youtube itu gak sekecil yang lu kira, isinya gak cuman vlog dan prank yang jarang banget gw tonton itu.. Masih ada jutaan pintu masuk untuk sukses di dunia Youtube dan lebih luasnya; internet.

Serius!

Asal muasal Youtube terkenal juga sebenernya bukan karena acara Celeb, kalau itu mah nonton aja acara gosip di TV lebih enak.

YT lebih dari TV, dalam artian lu bisa nemuin apa aja di YT, tapi orang yang masuk YT tidak semenguntungkan dibanding masuk TV..

Itu kenapa saya bilang TV kelasnya di atas Youtube, ini adalah dalam aspek "UANG". Sedangkan dalam aspek lainnya, Internet dimana salah satu di dalamnya adalah YT, jauh lebih luas seluas dunia ini.

Penghasilan Content Creator di internet bisa gede banget, tetep aja, dibanding waktu serta effort, masuk TV lebih gede. Hanya, kalau di TV, seringnya cuma dapat bayaran sekali, sedangkan di YT bisa terus menerus asalkan masih ada yang nonton.

Di TV juga gitu, cuma ya yang dapat uangnya si stasiun TV, kecuali kontraknya dapat royalti tiap penayangan itu beda cerita.

Jadi, ajakan gue sesama pemain Youtube kecil, jangan jiper sedikitpun ketika banyak artis jadi Youtuber. Mereka punya hak, sama ajalah ama kita, kita juga punya hak lebih gede dari mereka.

Dan lagi, YT tidak sesempit acaranya Atta, Ria, atau Raditya... Luas bro, masih banyak gerbang antrian lain terbuka...

0 Response to "ARTIS jadi YOUTUBER, please bro, kalian YOUTUBER jangan jiper..."

Post a Comment