GAS BOCOR kok dimasukkan kamar mandi? 14 orang jadi KORBAN!

Berhubung elmuha sudah beberapa kali berurusan dengan gas bocor, apalagi orang tua juga jualan gas tabung, maka ngebaca berita bahwa 14 orang kena dampak meledaknya tabung gas karena bocor, saya akan coba share gimana yang seharusnya!

Gas bocor itu sebenernya gak terlalu membahayakan. Yang bahaya, adalah ketika di sekitarnya ada api.


Itulah kenapa kalau gas bocor, maka semua sumber api, atau api yang sedang menyala, harus segera dimatikan. Begitu juga ketika memasang selang atau regulator, kalau bisa ya matikan dulu semua api yang menyala. Kalau ada jendela, buka dulu jendela atau pintu keluar agar udara bisa keluar-masuk.

Kalau di luar ruangan, maka relatif lebih aman karena tabung gas yang bocor akan langsung terurai ke udara.

Penyebab bocor yang paling sering adalah karena klep atau karet getas atau rusak, atau sekedar kurang ngepas, bisa juga karena pentil lobang gasnya, namanya bukan pentil sih, tapi udah biasa disebut pentil, wkwk.

Pentil yang gak mau balik ke atas, otomatis gas akan keluar, dan elmuha pernah ngalamin. Itu gas keluar sampai keliatan putih padat menjurus ke atas.

Yang elmuha lakukan adalah langsung melempar ke luar halaman sejauh-jauhnya.. Lalu saya biarkan lama sampai gas dalam tabung habis.

Sebenarnya kalau lebih berani sih bisa aja diakalin pentilnya. Tapi toh di rumah ada banyak tabung gas, apalah arti sebuah isi satu tabung yang harganya 20 ribu dibanding keselamatan satu rumah.

JADI... kalau tabung gas bocor, dan gak berhenti2, maka keluarkan dari ruangan. Taruh di ruangan terbuka, di halaman rumah, insyaAllah aman.. Asal ya jangan ada api di dekatnya..

Nah, dari berita yang masuk trending hari ini, kesalahan adalah ketika tabung gas bocor, malah dimasukkan ke kamar mandi.

Link berita; https://www.viva.co.id/berita/nasional/1127001-korban-bertambah-14-orang-ini-kronologi-ledakan-tabung-gas-di-bogor

Ya kalau kamar mandinya konsep terbuka gitu macam di kampung-kampung, sih aman.. Kalau di dalam rumah, seringnya malah ventilasi kamar mandi itu kecil banget bahkan banyak yang tidak ada ventilasinya.

Disebutkan dalam berita, ketika pintu dibuka, lalu tersambarlah dari api tungku. Lalu meledak dan melukai 14 orang yang berada di situ. Mudah2an tidak ada yang sampai serius lukanya.

Ya jelas saja.. gas yang bocor lalu berkumpul jadi besar di dalam kamar mandi, otomatis ketika pintu dibuka, akan berhamburan keluar, lalu menyambar api tungku.

Jadi, prinsip saya ketika berurusan dengan tabung gas termasuk ketika masang regulator adalah;

MATIKAN SEMUA SUMBER API DI SEKITAR!

Memang gak wajib, tapi biar yakin aman aja. Indra penciuman juga harus bisa diandalkan, karena gas bocor meskipun kecil itu pasti bau. Kalau bau ya jangan sekali-kali berani ngidupin kompor.

Ini untuk keamanan. Atau kalau tidak dimungkinkan, ya pasang saja regulator dan kompornya di luar ruangan. Karena berdasarkan berita, keluarga tsb sedang masak-masak untuk acara slametan. Jadi mungkin akan memberatkan jika harus dimatikan semua apinya.

Di keluarga saya kalau ada acara, biasanya masak-masak besar itu pasti di luar rumah. Dan seringnya ya pakai kompor tungku pakai kayu bakar. Kompor gas di dalam rumah hanya untuk masak-masak yang ringan saja.

NAH... setelah regulator terpasang, itu kadang masih bocor, kadang gak bocor tapi gak idup.

Solusinya ketika masih bocor, cek karet merah di dalam lobang gas. Dan pasang regulator secara mantap. Tekan yang kuat, lalu puntir kuncinya. Lebih aman lagi, pasang pengaman tambahan yang prinsipnya menahan regulator menekan lubang gas sekencang mungkin. Cari saja alatnya..

Kalau gak bocor tapi gak idup2 juga; solusinya adalah goyang2kan selangnya, atau ambil kain tebal atau bisa juga pakai keset, lalu bantingkan tabung gas pelan-pelan saja.. Sebelumnya pastikan bahwa jarum indikator memang sudah menunjukkan bahwa gasnya keluar dari lubang.

Kalau mau lebih aman, copot lagi regulatornya, lalu banting pelan tabung dialasi kain tebal, bisa juga di tanah, asal jangan di keramik, eman2 ntar pecah. Lalu pasang lagi regulator.

Memang konyol sih, tapi seringnya berhasil. Pelan2 aja ya ngebantingnya.. macam diketok2 gitu dah kalau barang rusak. Ngerti kan...

Saya ngebanting tabung gas itu udah biasa.. Malah bukan ngebanting pelan, bahkan sampai macam ngelempar bola basket. Aman sih, asalkan ya itu.. prinsip2nya jangan dilanggar...


Ini waktu elmuha bawa gas tabung pakai mobil bak sendirian.. wkwk

Oke bro!!! Semoga kejadian gas bocor yang akhirnya menyebabkan ledakan, tak terjadi lagi di seluruh Indonesia dan dunia.. aamiin. Elmuha jujur aja meskipun sudah biasa ama tabung gas, tapi tetep khawatir kejadian tabung gas meledak ini terjadi.. terlalu serem akibatnya.. Semoga bermanfaat...


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "GAS BOCOR kok dimasukkan kamar mandi? 14 orang jadi KORBAN!"

Post a Comment