Selamat Hari Raya 'Id Al-Fitr 1440H

Selamat Hari Raya 'Id Al-Fitr 1440H
Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua kembali suci, aamiin..

Get busy living or get busy dying!

"Get busy living or get busy dying!" - Ini adalah quote terpopuler dari salah satu film terbaik sepanjang masa; The Shawshank Redemption.

Jujur saja, saya sudah nonton dua kali film ini; tapi belum benar-benar nangkep beberapa kalimat yang diucapkan oleh si karakter utamanya; Andy Dufresne.

Kapan si Dufresne mengucapkan quote keren tsb?

Adalah ketika dia habis "dikerjain" oleh sipir penjara kemudian cerita tentang impiannya hidup di tepi laut dengan segala detail aktivitas yang dia impikan, ke teman terdekatnya; Red!

Red merespon impian Andy dengan pesimis tentu saja, karena mereka ada di dalam penjara dengan hukuman puluhan tahun, sedangkan impian si Andy ada jauh di luar sana.

Lalu Andy membalas dengan kalimat sakti; It comes down to a simple choice, really. Get busy living or get busy dying.

Andy tentu saja tak menceritakan sedikitpun tentang rencana dia kabur dari penjara bahkan tidak ke Red.


Hanya dirinya yang mengandalkan pada keyakinan dan impian!

Red pun baru tersadar akan kalimat sakti ini ketika dia hampir putus asa setelah keluar dari penjara, dan tak tau mau melakukan apa di masa usia yang tak lagi muda.

Dia teringat perkataan Andy; pilihannya mudah saja dalam hidup ini; mau sibuk menjalani kehidupan, atau sibuk menyongsong kematian?!

Dalam ajaran Agama, meskipun ada sedikit perbedaan, namun sebagian Ulama mengajarkan bahwa ketika kita berniat akan "dunia" maka yakinlah bahwa hidup kita masih panjang. Sedangkan ketika memasuki urusan akhirat; maka ingatlah bahwa mungkin kita sebentar lagi mati.

Tafsir Ulama yang berbeda adalah karena menggunakan dasar bahwa kita itu tidak boleh sekalipun lepas dari mengingat akhirat.

Sehingga ketika kita sedang ingat dunia, lalu ingin kerja menyibukkan diri untuk urusan dunia; eh terus inget akhirat lagi, ibadah lagi.. begitu seterusnya hingga tak ada pikiran tentang hidup selama-lamanya.. hanya akhirat saja yang dipikirkan.

Saya saat ini memilih untuk mengambil pendapat yang pertama; alias.. ya kadang kita memang harus yakin bahwa hidup kita masih lama, karena itulah harus merencanakan juga bagaimana kehidupan di masa depan.


Namun kadang ketika kita menemui masalah-masalah hidup yang bahkan sebenarnya sepele, namun karena terus-terusan, dan karena banyaknya hal-hal kecil yang membuat depresi; akhirnya kita lupa untuk menyibukkan diri dalam menjalani hidup, yang dipikir malah matiiiiii terus.

Percayalah; kita pasti mati pada waktunya. Gak usah dinanti juga pasti datang gak akan lewat gitu aja.

Jadi.. jangan pernah berharap kematian. Nikmati saja selagi kita hidup.. sibuk menjalani kehidupan.. rutinkan untuk selalu ingat akhirat, tanpa sedikitpun mengharap kematian.

Just an advice to myself!


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Get busy living or get busy dying!"

Post a Comment