Selamat Hari Raya 'Id Al-Fitr 1440H

Selamat Hari Raya 'Id Al-Fitr 1440H
Mohon maaf lahir dan batin, semoga kita semua kembali suci, aamiin..

Menjauhi dosa besar; ZINA vs RIBA?

Dalam ceramah di acara peringatan Isra' Mi'raj tadi, ada satu materi yang bikin saya ingat lagi bahwa meskipun saya, jelasnya, nakal banget, tapi saya masih takut untuk melakukan dosa-dosa yang menurut saya besar. Alhamdulillah...

Walaupun!!! Untuk menghindari dosa besar, itu harus menghindari dosa kecil juga.. Tapi ya namanya juga saya, cari2 pembenaran mungkin ya.. Saya yakin kalau dosa besar dan dosa kecil ya pasti beda lah hukumannya. Mungkin sama-sama masuk neraka, tapi yang dosa kecil cuma panas dikit, yang dosa besar ada di level neraka paling bawah, Na'udzubillah min dzalik.

Dalam ceramah tsb, jujur saja saya gak suka bahwa materi tsb terlalu diterangkan blak-blakan.. misalnya seperti seorang wanita di gambaran neraka; ditusuk dari bawah ke atas... (ya mirip lah ama komik2 tema neraka zaman SD dulu, waktu kecil sih biasa aja ya ngeliat gambar2 vulgar begitu, kalau sekarang mah gak berani dah gw liat, merinding!!).

Lalu ada juga orang yang punya perut guede, katanya pelaku dosa riba..

Kira2 mending mana dari dua siksaan neraka tsb?



Yakk... betul!!

Gak ada yang mending :D

Ya Allah.. semoga kalau saya masuk neraka dulu sebelum diangkat ke surga (aamiin) saya gak diapa2in di neraka, gak kepanasan, ya pokoknya seringan mungkin siksaannya... 

Anyway...

Kalau dari siksaan neraka gitu, kayaknya yang sering dijadiin contoh itu pelaku dosa riba, zina (yang kebanyakan wanita, makanya saya bingung juga), pengadu domba, dan beberapa lainnya..

Mulai dari dosa yang gede banget.. sampai yang terbilang menurut kita sepele alias dosa kecil, ternyata siksaannya mengerikan juga.

Jadi ya kalau mereka yang disebut para pendosa besar bilang; halah sama2 masuk neraka aja kok!! Ya ada benernya juga sih..

Alias... dosa besar atau kecil itu sama-sama gak boleh dilakuin.. 

Tapi sebagai manusia ya kan.. kadang saya tuh baru tiba2 sadar sedang ngelakuin dosa saat sedang berada di tengah2 aksi.. Misalnya ngomongin orang.. menyombongkan diri.. bahkan yang keliatannya masih wajar2 aja; bangga diri!

Yang dosa2 begitu itu tentu kita harus sering2 minta ampunan agar dihapuskan..

Sedangkan dosa besar seperti riba; ini agak rumit ya bahasannya. Sudah puluhan, ratusan, dan bahkan ribuan tahun, akan ada selalu perdebatan mengenai RIBA!

Jika larangan Allah akan RIBA begitu sering dikatakan dalam Al-Qur'an, saya yakin pasti dosa ini memang sering juga dilakukan oleh manusia.. 

Karena itulah, yang saya yakini... lebih enak ngejauhin riba lah daripada daripada ya kan... 

Nyicil motor atau mobil, bahkan rumah.. itu sebenernya bisa banget dibikin gak riba.. Perjanjian dan ketentuan soal bunga itu harus dirubah... Padahal simpel sekali kalau kita mau bareng2 memperbaiki cara kita bertransaksi.

Setidaknya kalau masih gak bisa dua pihak, ya mulai dari diri sendiri dulu. Niatkan yang betul setiap ngelakuin apa-apa.. ambil sudut pandang yang halal! Ucapkan dengan hati-hati akad jual-belinya..

Karena waktu saya ngaji kitab Fiqh di pesantren ribuan tahun yang lalu; disebutkan bahwa omongan kita saat bertransaksi itu penting banget, itu bisa merubah hukumnya.. Alih2 membeli kotoran hewan yang menurut Fiqh itu gak sah, maka kasihlah uang untuk sesuatu lainnya.. misalnya ya uang hadiah terima kasih sudah dibantuin masukin.. sebegitu mudahnya Islam mengajarkan cara hidup, sayangnya sering dianggap "gak ngaruh kelesss". Ya masing2 aja lah ya kalau udah gitu.

Bagaimana dengan ZINA?

Satu hal yang bikin saya takut luar biasa akan dosa berzina adalah bahwa hukuman langsungnya adalah Cambukan.. Yes, bukan Rajam kan kalau belum menikah?? Saya ngomong gini bisa jadi kalau ada bajingan yang baca; bakal dijadiin pembelaan buat malah ngelakuin.. tolong please lah ya.. jangan!

Selain itu; saya juga terlalu menghormati diri ini karena ada perintah; "Jagalah kemaluanmu!!"

Tapi cuma level terendah saja yang bisa kulakukan untuk menjaga kemaluanku... hiks :(

Dosa ZINA ini sebenernya bisa dijauhi dengan cara gampang banget; nikah!

Yang susah adalah; nikahnya itu sendiri :D

Gw malah ngakak sendiri abis nulis gitu.

Jujur sering kepikiran; ah... saya mau nikah yang gampang aja lah... 

Tujuannya cuma satu; ngejauhin zina. 

Tapi akan banyak yang menyalahkan... walaupun untungnya gak semua; ada kok yang secara tersirat setuju dengan ide saya; walaupun prakteknya akan amat sangat sulit sekali... 

Karena itulah belum saya lakuin.. hahaha.

Ahh... yang HALAL di dunia itu buanyak banget. Tapi lucunya, sering kita malah melipir yang haram-haram.. Karena asyik atau gimana ya sebabnya?

Seperti lagunya Rhoma Irama; itulah perangkap Syaithan terkutuk!! Jahannam!!

A'udzubillahi minassyaithan ar-rojiim!

Semoga saya selalu kuat untuk setidaknya; menjauhi dosa besar.. Sambil sedikit demi sedikit mengeliminasi kebiasaan2 dosa kecil (mudah2an beneran kecil) dan doĆ” selalu minta diampuni tak henti2 pada Sang Maha Pengampun.. aamiin.

ALLAHU a'lam!


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Menjauhi dosa besar; ZINA vs RIBA?"

Post a Comment