Stress bikin gak bisa nulis?

Saya nulis sejak SD, ya waktu itu kebanyakan nulis buku harian..

Lalu di SMA, saya mulai ngeblog dengan tulisan yang lumayan panjang-panjang..

Kuliah tentu lebih banyak lagi yang ditulis, rata-rata panjang.

Sekarang, bukannya jadi lebih ahli nulis bagus, saya merasa tulisan saya makin ancur.

Bahkan dibanding zaman SMA pun sepertinya bagusan yang dulu.

Apa mungkin gara-gara depresi yang bikin susah nulis.. Apalagi nulis bagus.

Kalau ditilik posting2 saya di beberapa blog, rata-rata memang yang banyak visitornya itu postingan yang ditulis ketika lagi happy.. Atau setidaknya lagi enak moodnya.

Nah, sudah 5 tahun mood saya naik-turun, lebih banyak turunnya.

Apakah saya mesti ganti hobi?

Atau, saya ngevlog aja kali ya.. gak usah nulis2..

Lagian zaman sekarang orang lebih suka dengerin orang ngomong, bahkan suara robot pun lebih disukai dibanding baca artikel di blog.

Menyedihkan memang.. Kurangnya minat baca mencerminkan minat belajar yang turun juga..

Jangan pernah ngebelain video YouTube yang bikin wawasan luas, please.. Dibanding baca buku jelas sekali manfaatnya jauuuuh..

Syarat untuk tetap bisa nulis adalah tetap nulis walaupun berat.

Meskipun hasilnya amburadul, pokoknya jangan berhenti.

Tapi soal ngevlog, jujur saya sudah mulai tertarik. Sepertinya lebih mudah dapat viewers di YT dibanding blog.

Kalau bisa balapan dulu-duluan, mudah banget dapetin ribuan viewers meski di channel tanpa subscriber.. Saya sudah uji beberapa kali.

Tapi entahlah, baru nyoba, sukses, ternyata gak lantas bikin semangat buat nerusin ngurus channel.

Mungkin karena ambisi saya di dunia blog/web belum terwujud.

Padahal, bisa aja jalan saya sebenernya harus lewat YT ya kan...

Mungkin langkah pertama yang harus saya lakukan adalah berhenti bikin alasan. Stop making excuses.

Gunakan  resources yang ada sekarang, fokus kerjakan hal-hal yang bisa dikerjakan.. Sisanya, serahkan pada alam dan Yang Maha Kuasa.



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Stress bikin gak bisa nulis?"

Post a Comment