Seberapa Susah Mutasi Motor Keluar Daerah?

Dari level 1-10, saya mungkin akan kasih score 4 saja untuk level kesulitan saat mengurus mutasi motor keluar antar daerah, pindah kabupaten, namun dalam kasus saya masih satu provinsi.

Kenapa kok scorenya 4; karena memang gak sulit sih asal dijalanin pelan-pelan.. kayak hubungan asmara gitu dah...

BACA bagian dua di sini (1 week later)!!

Yang perlu dilakuin saat ingin mutasi motor itu kira-kira gini; SIAPKAN DUIT!

Yakk, ini adalah hal tersulit, apalagi kalau sering nunggak pajak macam saya yang tak patut dicontoh ini.. BTW, saya memutuskan untuk mutasi adalah karena lagi ada periode PEMUTIHAN, lumayan, gak pake denda, hahaha.

Semua proses mutasi motor keluar daerah akan coba saya ceritakan secara apa adanya... alias gak niat2 amat,

Tahapannya kira2 sih yang pertama; GESEK NOMOR FISIK...

Saat proses cabut berkas, saya mesti daftar dulu ke loket buat cek fisik; siapkan KTP dan Kwitansi penjualan motor, fotocopy dulu buat jaga2.. BPKB dan STNK tentu harus dibawa dong.. Sedangkan KTP pemilik lama, itu GAK PERLU.

Tapi sebelum cek fisik saya menuju loket MUTASI buat ngambil map dan dapetin info apa aja yang mesti disiapin.

Namun sebelum itu, saya sempat mampir ke mbak-mbak cantik yang ada di sebelah pintu masuk, sekedar nanya2 aja minta saran ke mereka; saya mesti ngapain kalau jomblo gini..

Dan yakk... proses selanjutnya setelah sebelumnya saya: Nemuin mbak2, Dapetin Map di loket Mutasi, lalu ke Foto Copy dan beli minuman dingin, lalu balik lagi ke loket Mutasi, lalu akhirnya disuruh ke loket cek fisik. Adalah.... ya cek fisik.

Namun saya yakinnya sih langsung cek fisik dulu enaknya.. Baru ke loket mutasi.

Okeh...

Setelah digesek dan digosok itu nomor mesin dan nomor rangka, balik lagi ke loket cek fisik, lalu akan distempel, dan akan diarahkan untuk menemui seseorang, bisa juga ke loket MUTASI, namun waktu saya malah langsung ke petugas cantik yang ada di dalam kantor..

Meskipun Mbak PolWan-nya cantik, saya gak berani kenalan... Ah cemeen!!!
Bukan gitu bro, cuma takut ditilang aja karena saya gak bawa surat keterangan jomblo..

Saya bayar di situ; waktu saya sih totalnya 350 rb, gak termasuk pajak.

Dan saya diberitahu untuk datang 30 hari lagi untuk ngambil berkasnya.. Ah Mbak PolWan ini bisa aja, 1 hari lagi disuruh dateng juga bakal saya bela2in deh...


Sebenarnya gak selama itu, kalau kalian kiyeng, atau tidak malas, datang saja setelah 2 minggu misalnya, mungkin udah ready berkas yang kita perlukan.

Nah, nanti pas dateng lagi, maka akan disuruh bayar semua pajak sejumlah total tunggakan hingga detik itu..

Waktu saya sih sekitar 1 jutaan; 3 tahun apa 4 tahun gitu lah lupa... wkwk.

Saya gak tau bayar ke mana, karena waktu itu saya minta bantuan ke seorang mantan yang cantik juga... Sepertinya sih ke bapak2, tapi gak tau di bagian mana... Tanya aja dah ke bagian informasi yakkk!!

Dan udah gitu doang.. Kita bisa bawa pulang semua BERKAS MUTASI KELUAR.

Setelah dapetin berkas,

Motor gak langsung saya urus MUTASI MASUK ke daerah baru..

Setelah sekitar 5 bulan, saya baru sempat ngurus cuy.

Akhirnya saya datanglah ke Polres untuk mengurus mutasi masuk motor..

Eh kata petugasnya; "bukan di sini kelessss kalau ngurus mutasi", melainkan ke Samsat.. Saya pun ngangguk2 tanda tak percaya.. eh itu geleng2 yakk??

Iya juga nih kalau dipikir2, dasar OONNNNNN dah saya, untungnya penampilan saya memang saya desain se-ndeso mungkin... jadi ya mereka para petugas penjaga gerbang maklum2 sazaaaa....

Setelah diberitahu di mana Samsat berada padahal saya gak nanya... Lalu mau jalan lagi...

Lah motor saya mogok cuy...

Dan butuh berapa puluh engkolan akhirnya jalan lagi dah tuh motor.. itupun berkat bantuan sepupu saya yang ikut nganter sambil berangkat kuliah.. Sepertinya engkolan dengkul saya tak sekokoh dahulu.... wkwk

Maklum, motor lama tapi harus dibawa ke Samsat buat CEK FISIK saat MUTASI MASUK.

Padahal mogok karena AKI tekor aja sih dah berbulan2 gak dipakai.. duh kasian amat kau sayangku...

Alright...

Sampai Samsat, saya menuju tempat parkir, eh ada dua Calo yang nawarin buat bantu ngurus, 10 rebu aja katanya, ah.. prett sekali ya..

Saya cuma bentar di tempat parkir, karena selanjutnya saya segera menuntun motor saya yang sedang tekor AKI tsb, menuju tempat GESEK dan GOSOK nomor rangka dan nomor mesin..

Di sini lancar sekali, yang diperlukan hanya ngantri aja.. Bahkan gak perlu ke loket dulu.

Ke loket hanya untuk nunjukin STNK dan BPKB asli... Saya kasiin aja semua berkas yang saya punya dari proses Mutasi Keluar..

BTW, berkasnya banyak banget.. semua dokumen sejak proses pengiriman motor tsb ke Indonesia; ADA. Edan dah, pasti penuh banget dah itu tempat penyimpanan Samsat.

Oke.. Setelah itu saya diarahkan oleh pak petugas cek fisik yang amat sangat baik hati tsb; untuk menuju ke loket layanan FISKAL, atau apa gitu lah lupa saya namanya.

Dan setelah saya isi dokumen warna kuning, saya kasiin lagi, lalu dicek, selanjutnya saya langsung disuruh masuk ke dalam gedung Samsat, dan menuju Loket A; MUTASI!

Setelah dipriksa beberapa saat, saya dipanggil lagi dan disuruh bikin surat pernyataan dengan tandatangan di atas materai.. plus disuruh foto copy surat mutasi yang satu lembar paling penting itu.

Gak perlu bikin dari nol, suratnya tinggal ngambil di bagian informasi yang paling depan pintu aja kok..

Kita tinggal ngisi2 aja..

Biar gak repot, sebelum ke Samsat; foto copy dulu dan siapin materai satu biji cukup.

Lalu berkas2 saya kasiin lagi ke Loket A; MUTASI, dan saya nunggu sambil ngobrol2 ama sepupu yang nemenin..

Lalu dipanggil nama saya yang amat sangat terlalu bagus buat saya itu, dan dijelaskanlah oleh petugas yang baik hati; bahwa....

STNK dan PLAT nomor bisa diambil satu minggu lagi, bisa diwakilkan juga, dan saya juga dibekali surat sebagai pengganti STNK jika motor dipakai sehari2. Saya bayar 250 ribu di situ..

BPKB katanya bisa diambil sekitar 30 hari lagi; well gak terlalu masalah karena gak dibutuhin juga kan... Cuma...

Kadang kalau kaya gitu; saya jadi was was akan ada biaya2 lagi.. Ya mudah2an sih enggak deh.

Yang jelas; pajak baru untuk STNK barunya saya belum bayar. Entah bayar pas ngambil STNK, atau pas ngambil BPKB; saya belum tau karena sekarang saya masih nunggu...

Akan saya update infonya 6 hari lagi.... Baca Part 2 di sini (ternyata lebih lama dari perkiraan)

PS; Mbak PolWan dalam cerita saya itu gak pakai kerudung sih, dan Mbak PolWan yang bernama Sufiana yang di foto itu tentu saja saya tak tau di mana dia bertugas.. Kalau kalian tau, ya titip salam kenal aja gitu yakk...


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Seberapa Susah Mutasi Motor Keluar Daerah?"

Post a Comment