Kenapa orang kok jahat-jahat?

Saya tak bisa menyangkal bahwa saya juga kadang-kadang jahat.

Saya suka jahat sama dua adik saya, sama ibu-bapak saya, kadang sama kakak saya. Entah lucu juga, kayaknya paling jarang jahat itu sama kakak saya, mungkin karena waktu kecil udah kebanyakan berantem jadi udah gak musim lagi musuh2annya.

Ke siapa lagi saya jahat?

Kadang ke pengendara2 di jalanan, kecuali wanita dan yang ada anak kecilnya.

Kadang ke netizen2, online saja tentunya.

Kadang ke .....

Udah kayaknya... yang sering jahat juga adalah ke mantan saya :D

Ya ke temen2 yang agak deket juga... Ama saudara mungkin...

Dari daftar di atas, hampir semuanya itu jahatnya ke orang dekat..

Sedangkan ke pengendara di jalan, ya gak jahat sih, cuma mungkin kadang2 ngagetin aja, dan mungkin kalau mereka gak berpengalaman, bisa juga merasa dibahayakan oleh saya...

Lalu ke netizen, saya juga gak jahat2 amat... Apalagi saya juga jarang komen2...

Udah, itu aja...

Apa sih yang saya maksud sebagai "JAHAT? "

Ngomongnya cuy...

Pedes, dan kadang sampai melukai perasaan...

Dan aksi yang juga kurang elok, itu jahat..

Saya pernah nonton video bagus, judulnya kira2 "Why people are evil"

Dan saya banyak setuju dengan dia, kita sering bicara kasar dan menyinggung orang lain itu salah satu faktornya adalah karena ingin melindungi perasaan, mental, dan kadang gengsi kita sendiri..

Kita gak mau jatuh karena, misalnya ada temen kita yang ngebangga2in dirinya.. lalu kita olok2 lah dia... biar kitanya gak turun gengsi di depan dia..

Atau ke adik2 sendiri...

Ada persaingan yang mungkin kita gak sadari..

Kita bersaing dengan mereka untuk dianggap paling keren di mata orang tua..

Mungkin..

Kalau saya sih sering jahat ke adik2 karena kadang kesel aja ama kelakuan mereka, wkwk.. Pengennya ngasi nasehat, tapi caranya kurang tepat.

Ke orang lain juga...

Sering kan kita ketika lagi dengerin orang yang lagi memuji2 diri sendiri, lalu kita tanggapin: "Halah gitu doang!!!"

Itu kan jahat cuy...

Emang sih, dia yang memuji2 diri sendiri itu salah, tapi bukan berarti yang kita lakuin juga benar..

Walaupun katanya boleh2 aja untuk sombong di depan orang yang jahat.. Tapi, apa tolok ukur seseorang untuk pantas disebut jahat dan kita olok2?!

Faktor lainnya adalah karena kita tak punya sikap toleransi yang baik ke orang lain. Ketika kita mendengar ucapan yang tidak sesuai dengan pendapat kita, langsung deh kita serang. Itu kan bodoh banget... ckck.. gw bodoh.

Salah satu faktor kenapa saya MALES banget ketemu orang adalah harus dealing dengan omongan2 jahat mereka..

Saya kadang sampai mikir berjam2, kenapa kok mereka ngomong begitu gampang sekali, asal keluar dari mulut, padahal impact-nya luar biasa ke saya.

Padahal dia gak tau kehidupan saya yang sebenarnya..

Dia gak tau apa-apa semua cerita di baliknya...

Kadang...

Saya juga malas ketemu orang lain karena takut salah ngomong, keceplosan, hingga menurut saya sampai menyinggung hatinya..

Nyeselnya lama...

Padahal keceplosan cuma beberapa detik..

Ya tapi itu biasa...

Kita sama-sama melakukan kesalahan...

Keceplosan ngomong yang menyinggung orang lain..

Semuanya begitu..

Tinggal kita naikin aja level rasa saling maaf dan memaafkan..

Namanya juga manusia cuy!!

Makanya dibuatlah lebaran itu buat maaf2an, karena Dia dan Mereka tau banget, manusia emang wadahnya dosa...

Saya juga terus-menerus belajar menjaga ucapan atau lebih baik diam ketika tak bisa bicara yang baik.. Bersosial kan bisa komunikasi pakai hati :p

Sekian...

Curhatan dari manusia hina penuh dosa tapi insyaAllah pasti masuk syurga... aamiin.



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Kenapa orang kok jahat-jahat?"

Post a Comment