Sifat Riya itu termasuk Syirik?

Dari Anas bin Malik R.A. Dari Nabi Shallallahu'alaihiwasallam, Beliau bersabda, "Pada hari kiamat, juru panggil berseru, "Manakah orang-orang yang mengharap pujian dan manakah yang ikhlas? Tunjukkan amal-amalmu dan ambillah pahala-pahala dari Tuhanmu."

Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda, "Orang-orang yang mengharap pujian tidak mendapat manfaat dari amal-amal mereka kecuali penyesalan dan kesengsaraan."

Nabi Shallallahu'alaihiwasallam bersabda, "Sesungguhnya yang paling kutakuti terhadap umatku adalah syirik kecil." Para Shahabah bertanya, "Apa syirik kecil itu?" Nabi Shallallahu'alaihiwasallam menjawab, "Riya" (Sifat ingin dipuji, bukan karena Allah).

(Dari kitab Mawa'idul Usfuriyah)

.........

Semoga kita semua dihindarkan dari sifat riya, mari belajar untuk ikhlash dalam menjalankan ibadah kepada Allah, dengan niat hanya karena Allah semata. Bukan karena ingin dipandang dan dipuji oleh teman kita, tetangga kita, dan orang-orang sekitar.

Ketika kita beribadah karena ingin dipuji oleh orang lain, maka di situlah kita merasa bahwa Allah saja tidak cukup, kita butuh pengakuan dan pujian dari selain Allah. Jika Allah tidak cukup, bukankah itu bisa dekat2 ke menyekutukan Allah? Na'udzubillah min dzalik..

Wallahu a'lam bish-shawab..



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Sifat Riya itu termasuk Syirik?"

Post a Comment