Bener loh, Nurutin Nafsu itu bagai meminum air lautan

Jujur saja elmuha belum pernah dengan sengaja meminum air laut. Kalian pernah?

Katanya... minum air laut itu bakal bikin kita makin haus..

Makanya, satu aturan pertama saat terbengkalai dalam apungan lautan adalah jangan minum airnya.

Ternyata, ini sama seperti nafsu...


Kadang.. kita mikir; ah, turutin dulu deh kepengenan ini, biar ntar gak pengen2 lagi.. Kan udah keturutan ya kan..

Eh ternyata.. baru aja kelar ngelakuin, udah pengen lagi, malah makin parah dari sebelumnya.

Dan nafsu ini, bisa berlaku untuk banyak hal..

Bisa saja; nafsu mengejar harta dunia, nafsu mengejar wanita, nafsu belanja, nafsu amarah, dan nafsu-nafsu lainnya.. termasuk nafsu yang melibatkan hal di antara 4 cabang.. kaki dan tangan...


Yap... nafsu cuma akan bikin kita kering dan makin kering lalu mati..

Mati jiwanya.. soulless..

Makanya,

Cara buat melawan hawa nafsu adalah; jangan coba-coba diturutin..

Tentu saja..

Kita hanya manusia yang penuh dosa.. Sering tanpa sadar kita udah ngelakuin..

Maka... berhentilah..

Kalau bisa sih; di-reset.. Jadi misalnya ntar pengen lagi, maka akan mulai dari awal.. gak nerusin nafsu yang udah keturutan kemarin..

Misalnya; udah nyolong buah satu biji di pasar..

Karena udah direset; udah taubat, mudah2an kalau ntar kebablasan nyolong lagi, ya tetep mulai dari awal; satu biji aja..

Jangan malah nerusin, jadi satu kilo.. atau satu keranjang.. atau malah satu truk bahkan satu kebon.. jangan cuy.

Korupsi juga misalnya..

Udah ngerasain 100 rebu..

Ya cepatlah taubat.. Dan jangan diterusin jadi 100 jeti.

Sayangnya..

Kadang tak semudah itu..

Ketika kita mengizinkan diri kita terjatuh meski cuma lecet sedikit.. Besoknya, ternyata kita pengen jatuh lebih dalam.. sampai keseleo..

Karena itu tadi...

Nafsu itu sekalinya diturutin, itu ketika hadir lagi, seringnya malah lebih parah dari yang sebelumnya.

Makanya; kalau mampu.. jangan izinkan sedikitpun untuk coba-coba...

Entarnya kebablasan...

Gak usah coba2..

Ntarnya keterusan..

Nge-reset gak semudah itu..

Kalau iman ternyata tak sekuat amin.. kita bisa terseret ombak dan terhempas ke tengah lautan dengan mengucap atas nama nafsu.



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Bener loh, Nurutin Nafsu itu bagai meminum air lautan"

Post a Comment