Minuman MEMABUKKAN adalah kunci dari segala kejahatan

Kadang elmuha gak habis pikir kenapa "kita2" ini seakan "memaklumi" minuman2 terlarang. Padahal udah berapa kali kejadian hal-hal mengerikan seperti perkosaan dan pembunuhan, pembegalan, dan hal-hal biadab lainnya.. itu terjadi karena keberanian pelakunya, gara2 gak sadar dengan pikirannya, akibat khamer.
Gambar oleh Michal Jarmoluk

Di hari Jum'ah ini, mari kita simak beberapa larangan minum/makan yang memabukkan serta akibat2nya...

.............

Janganlah minum khamer, karena sesungguhnya khamer itu kunci dari semua kejahatan.

    Rasulullah bersabda:

Khamer adalah sumber segala perbuatan jelek. Barang siapa meminumnya; tidak diterima sholatnya 40 hari dan bila ia mati dan khamer masih dalam perutnya maka ia mati seperti bangkai jahiliyah (kafir) (HR. Thabrani, Shahih Jami'us Shaghir no. 3344).

    Sabda yang lain:

Khamer itu pokok dari setiap kejelekan dan merupakan dosa besar, barang siapa yang meminumnya ia kan berzina dengan ibunya dan dengan bibinya (HR. Thabrani -Shahis Jami'us Shaghir no. 3345- Derajat hadits ini Hasan).

    Dalam hadist di atas Rasulullah menyatakan bahwa khamer adalah kunci dari setiap kejelekan, karena seseorang meminum khamer ia akan berzina, membunuh, merampok, membuat kekacauan dan perbuatan-perbuatan keji lainnya. Hal ini dikarenakan ketidak-sadarannya pada waktu itu. Oleh karena itu Nabi mengatakan bahwa khamer itu kunci dari semua kejelekan.

    Saat ini minuman keras/khamer banyak sekali beredar dengan nama-nama yang beraneka ragam untuk menipu dan memperdaya orang. Mereka tidak menyebutnya khamer atau arak, akan tetapi dengan nama-nama lainnya, apakah dengan minuman segar, jamu atau minuman rohani, atau lainnya, sebagaimana sabda Rasulullah:

Sungguh ada golongan dari umatku yang meminum arak/khamer, akan tetapi, mereka menamakannya dengan nama yang lainnya. (HR. Ahmad 5/342, Shaihul Jami' 5453)

    Karena itu meskipun nama yang mereka gunakan berbeda-beda tetap saja setiap yang memabukkan itu haram hukumnya, sebagaimana sabda Nabi:

Setiap yang memabukkan itu adalah khamer, setiap yang memabukkan adalah haram. (HR. Muslim 2/1587 no. 2003)

Yang tergolong khamer adalah apa saja yang dapat memabukkan, sehingga semua jenis narkoba, ganja, sabu-sabu, opium, dan sejenisnya adalah termasuk kategori khamer.

Allah berfirman: Hai orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamer, berjudi, (berqurban untuk) berhala adalah perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. (Al-Maidah: 90)

Kemudian sabda Rasulullah: "Sesungguhnya Allah memilih janji untuk orang meminum khamer yaitu akan memberinya minuman dari thinatul khabal. Mereka bertanya: Apakah thinatul khabal? Yakni cairan kotor yang keluar dari penghuni neraka." (HR. Muslim 3/1587, no 2002(72))

    Saudaraku, masih banyak ayat dan hadits yang menerangkan masalah ini. Sekali lagi yang termasuk di dalam masalah ini adalah narkoba, ganja, obat bius, serta obat-obatan terlarang lainnya.

...........

Semoga kita semua dihindarkan dari keburukan khamer....


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

1 Response to "Minuman MEMABUKKAN adalah kunci dari segala kejahatan"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete