2020 ; Day 1

Alhamdulillah hari pertama 2020 diawali dengan banjir di banyak daerah terutama Jakarta, Bekasi, Banten, dan sekitarnya.

Di tempat saya juga banjir walaupun gak separah di Bekasi kota. Air masuk rumah, alhasil, hari pertama ya sibuk ngepel, kkk..

Hujan sudah berhenti jam 2an siang, tapi genangan airnya baru surut sekitar 10-20% saja sepertinya di jam 10 malam.

Dan saat saya nulis ini sekarang, jam 11 malam, turun hujan lagi seperti kemarin. Hujannya jenis hujan awet, gak besar tapi terus menerus.

Saya mesti bersiap kalau besok mesti basah2an lagi akibat air membanjiri rumah.

Malam tahun baru kemarin saya begadang, baru tidur jam 11 siang. Bangun jam 2 siang, yakk, tidur 3 jam.

Pengennya sih dari pagi tidur, tapi keburu kehempas tsunami kecil gara2 ada mobil tetangga lewat kenceng, kaget luar biasa ada air langsung mbanjirin rumah.

Basah dah..

Pengen ngamuk ngomel2, tapi ditahan, ternyata beberapa jam berikutnya, gak dibanjirin mobil lewat pun akhirnya banjir karena hujan yang tak kunjung berhenti.

Masih bersyukur banget gak perlu mengungsi seperti halnya saudara kita di daerah yang kena banjir parah.

Dan di moment seperti ini, banyak orang nyalahin Gubernur Jakarta.

Kalau elmuha sih dari dulu suka blaming-nya ya masyarakat kita sendiri.

Tapi pemerintah juga ya ada salahnya, salah satunya salah karena gak mau ngatur warga. 

Warganya juga ampyun luar biasa susah banget diatur.

Yowislah...

Lagi pula,

Hujan di awal 2020 ini memang efeknya sangat parah ke banyak daerah. Banyak rumah-rumah yang belum pernah kebanjiran sama-sekali, akhirnya ngerasain di 2020 ini.

Saya juga belum pernah sama sekali ngerasain kebanjiran rumah..

Eh udah sih kayaknya, tapi udah luaaammaa banget dan lupa di rumah siapa juga.

Di komplek sini juga konon gak banjir separah ini tahun-tahun lalu. Ya baru tahun ini dampaknya terlihat sekali.

Di jalan depan rumah, saya tadi ke warung terpaksa harus basah2an, ternyata cukup dalam genangan airnya. 30-40 Cm

Gak heran deh jadinya kalau di daerah padat penduduk bisa banjir setinggi itu.. Bahkan sampai menenggelamkan rumah.

Hujan seperti ini bisa jadi Rahmat, bisa juga musibah dan adzab...

Saya mau berbaik sangka saja, ini pertanda Rahmat di 2020.

Menurut kisah shohih, Rasulullah was-was (karena Beliau cinta ummatnya) kalau di langit hadir mendung tebal, karena ya itu tadi, hujan ini ternyata memang bisa jadi adalah adzab.

Istilah was-was ini kok kayaknya kurang pas ya, mungkin lebih tepatnya gak tenang, khawatir.

Tapi saya lebih memilih menganggap musibah banjir ini sebagai peringatan agar kita mau memperbaiki gaya hidup kita.

Masalah sampah di Indonesia itu puarah banget.. 

Saya bingung kenapa gak trending2 usaha kementrian untuk membenahi masalah ini secara serius.

Warganya juga gak sadar2...

Saya pribadi sudah hampir tak pernah lagi buang sampah sembarangan..

Dan mulai  sedikit demi sedikit mengurangi sampah plastik. Memang masih susah banget karena budaya lingkungan jual-beli kita, tapi setidaknya ada arah postif menuju ke gaya hidup lebih baik.

Saya harap kalian juga mulai mengurangi sampah plastik. Kalau soal buang sampah sembarangan, saya kira sebagai masyarakat yang pernah sekolah Dasar, seharusnya sudah tak pernah lagi melakukan hal demikian.

Tinggal masalah serius berikutnya adalah banyaknya warga yang buang sampah ke sungai..

Ya Allah, saya tuh jujur kuesel luar biasa..

Bagaimana bisa, sungai yang merupakan "sumber kehidupan," kok dilempari sampah, sungguh tak punya adab.

Dan lalu ketika hadir banjir parah, ramai2 nyalahin pemerintah. Ya emang salah sih pemerintah, tapi warganya juga salah, malah lebih salah. 

Kecuali untuk kasus yang lebih serius seperti misalnya menghanguskan hutan demi perkebunan, atau tumbuhnya gedung2 pencakar langit yang membinasakan tanah resapan. Dan hal-hal serius lainnya, itu memang 90% salah pemerintah yang memberikan izin.. 

Baiklah, semoga kalian yang kebagian banjir bisa kuat dan tabah, tetap sehat, dan selamat melalui berbagai rintangan banjir ini. 

Selamat berjuang kawan, 2020 ; day 1 of 366. 



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

1 Response to "2020 ; Day 1"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete