Kok anu ya...

Orang Indonesia itu lebih banyak yang gak suka baca dibanding yang suka..

Saya sudah melakukan survey dengan sample jutaan orang.. tapi boong.

Di era sekarang ini, tambah2, orang lebih suka dengerin video YT meski isinya merupakan suara robot yang menyadur artikel web media, dibanding langsung membaca artikelnya.

Untuk informasi, sekarang juga lebih enak nonton YT dibanding baca artikel. Kecuali untuk info yang lebih detail, mungkin orang2 masih prefer buka artikel.

Forum yang dulunya punya pengunjung bejibun, bisa signifikan turun drastis sekarang.

Blog juga gitu, dulu diminati, sekarang mungkin turun trennya.

Tapi, benarkah?

Entah.

Saya belum ngelakuin hitungan lebih serius soal statistik blog.

Yang jelas, blog-blog saya jadi lebih sepi itu memang karena saya juga lebih jarang updatenya.

Dibanding frekuensi update, pengunjung blog saya itu relatif stabil kok.

Dari contoh yang sangat sepele ini, saya masih cukup yakin bahwa peran artikel dalam blog itu masih cukup penting.

Media berita juga masih terlihat ramai dibanding versi videonya..

Cuma forum aja kayaknya yang turun. Kenapa bisa gitu yak??

Mungkin karena sekarang orang2 kita lebih suka membalas bacot itu di social media yang lebih umum seperti Facebook, Twitter, YouTube, bahkan Instagram.

Komentar2nya rame betul ya kan..

Tambah ada grup WA, grup Telegram, dan grup lainnya.. yang bersifat semi-public atau semi-private.

Sedangkan fungsi forum itu kan untuk diskusi. Kalau bisa diskusi lebih mudah di social media, maka peran forum jadi gak sepenting dulu kala.

Saya pribadi udah lepas dari hobi ngeforum itu sejak 2013 mungkin ya, alias hampir 7 tahun yang lalu.

Saya masih rutin ngunjungin beberapa blog yang memang sejak dahulu rutin saya buka; sebut saja seperti blognya om Yodhia, wak haji Taufik, dan.... apa lagi ya.. GSMArena..

Udah sih sebenernya, 3 itu doang yang masih saya buka rutin hampir tiap hari dan mingguan.

Blog travel, fotografi, dan niche lainnya udah gak begitu menarik lagi buat saya...

Sedangkan web media berita, itu acak; pokoknya yang nongol di berita rekomendasi Google di smartphone Android saya, itu yang menarik ya diklik.

Seringnya dari Detik, kadang Tribun (meski jarang saya buka), CNN Indonesia, CNBC Indonesia, Kompass, Suara, dll. Bahkan beberapa blog kondang juga sering nongol di sini.. Keren sih.


Anyway...

Penurunan pengguna aktif forum itu jujur bikin sedih.

Tapi ini lebih soal nostalgia saja..

Secara fair, sebenernya saya juga maklum banget, karena itu tadi, ada tempat diskusi yang lebih enak dan praktis. Ngapain pakai yang ribet ya kan.. Jadoel amat dah buka forum :D

However, saya masih berharap peran forum bisa lebih aktif lagi seperti beberapa tahun lalu. Karena di forum itu bahasanya lebih terjaga. Orangnya lebih sopan dibanding di social media umum.

Diskusinya juga relatif lebih sehat, mungkin karena penggunanya rata-rata lebih dewasa.

Sedangkan di social media, bahkan gue yakin banget, akan banyak diskusi gak jelas antara pengguna yang punya anak 5, dengan anak baru lulus SD. Kita susah mbedain, mana yang kekanak2an, mana yang beneran masih anak2. Ini GAK ASYIK sama sekali.


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

1 Response to "Kok anu ya..."

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete