Cara mudah terhindar dari Virus Corona/ COVID-19

Yup, elmuha adalah salah satu yang terobsesi dengan wabah virus Corona.. Kalau boleh ngomong jujur, sebenernya elmuha sering ngebayangin sih kondisi2 semacam dunia yang kena wabah gitu, ya maklum, kebanyakan nonton film Zombie..

Jadi ketika hadir bencana virus ini, saya cukup kaget... karena dari yang tadinya sekedar bayangan liar, kini hadir di depan mata.

Karena itulah,

Kali ini saya coba mengungkapkan apa yang saya tangkap dari membaca berbagai artikel tentang Corona..

Dan artikel ini bersifat hiburan yang agak serius ya, jadi jangan dijadiin rujukan utama...

So...

Bagaimana cara mudah terhindar dari Virus Corona?

Mudah, gampang, simpel... Teorinya!!

Prakteknya tak semudah itu Markonaaah!!!

Jadi,

Corona virus ini bisa menular adalah melalui perantara cairan yang keluar dari penderita, lalu masuk ke orang lain melalui lubang-lubang terutama yang mudah terkena adalah lubang bagian wajah; Mata, hidung, dan mulut...

Itulah kenapa MASKER itu sangat dianjurkan dikenakan bagi yang sakit, karena cairan yang mudah keluar dari mulut ketika bicara atau batuk dan bersin (+ dari lubang hidung) itu tak sampai menempel pada benda2 di sekeliling dia..

Namun bagi orang lain yang belum sakit, masker ini sebenernya memang bisa membantu, andaikan kita bisa tahan untuk tak menyentuh wajah kita... Pun mata kita masih bisa mudah terkena... Mungkin pakai kacamata bisa jadi cara juga.. Dan, pakai masker tapi tangan kita gak bisa dijaga, itu podo wae boong.

Nah masalahnya adalah, MASKER yang diborong oleh orang sehat, akhirnya bikin orang yang mungkin sudah tertular itu, jadi gak punya masker, ribet kan???

Harga masker sekarang ini beneran mahal loh... Itu pun kalau bisa nemuin ya cukup beruntung lah ya...

Makanya, sepanjang saya di jalan tadi, sejak pagi sampai siang, itu dikit buanget yang pake masker.

*Pas masih sepi, abis itu ya rame...

Entah karena mereka gak punya, atau memang merasa gak perlu pakai.. Dengan catatan, kota tempat saya berada sekarang ini memang tampaknya tak terlalu membatasi atau gempar akibat Corona virus.

Yang jelas sih, banyak sekali universitas baik negeri maupun swasta yang akhirnya menunda acara-acara yang mengumpulkan banyak orang. Malah, sebagian besar kampus sudah memberlakukan E-Learning, belajar dari rumah.

Kawasan wisata di Jakarta sudah banyak yang ditutup kan...

Mungkin segera menyusul juga di daerah2 lainnya..

Gak aneh ketika tadi malam saya punya bayangan liar soal resesi ekonomi..

Dampak wabah yang meng-global ini tentu bisa sangat serius..

Makanya, banyak2 berdo'a ya :D


Pun, meski di media itu kelihatannya serem banget, di fakta lapangannya sungguh berbeda..

Orang masih banyak berkerumun, gak pada takut2 acan tertular.. Karena ya begitu..

Prinsip kita itu kan; Kalau udah wayahnya sakit, ya pasti sakit lah...

Makanya....

CARA TERMUDAH untuk menghindari wabah virus Corona adalah dengan MENGEBALKAN SISTEM IMUNITAS DIRI.

Yup, kuatin diri kita jangan sampe drop...

Kalau drop ya dikuatin lagi..

Termasuk saya ini yang lagi ngerasa kurang fit....

Dear mantanku, sehat2 ya di sana... wkwk...

Cara mudah kedua memang ini; menghindari kerumunan orang banyak, jangan keluar dulu kalau bisa, apalagi sampai berkunjung ke luar negeri, jangan dulu!!

Tapi sekali lagi, praktiknya tak semudah itu Bambang!!

Orang kita sering gak betah di rumah, dilarang berjamaah macam di Iran gitu? GAK mungkin pada nurut lah.

Orang kemarin abis jamaah sholat Jum'at aja pada berjabat tangan..

Dan perkenalan di lingkungan baru pun pada jabat tangan...

Yo piyeeee nek ngene iki kan??!!

Makanya... kita itu bisanya cuma BODO AMAT ama yang begitu2, lebih fokus ke JAGA kesehatan tubuh kita agar tetap KUAT dan KEBAL dari virus-virus...

Cobalah cari matahari pagi, siang, sore... Gerakkan lagi badan cari keringat... Dan minumlah juga supplemen2 atau JAMU alami untuk menyehatkan badan.

Yaa, kita gak akan bisa niru seperti cara Singapura dalam menghalau COVID-19, tapi kita tetap orang Indonesia, yang terkenal sakti2 :D

Cara ketiga; BASUHLAH tangan, wajah, dan apa-apa yang kira2 bisa terkena cairan yang mengandung virus Corona, baik langsung dari orang, atau dari paparan di benda-benda yang kita sentuh. Basuh dengan sabun, atau antiseptik.... Pokoknya, jaga kebersihan dan ke-hygene-an kita!

Pada akhirnya, warga kita dan dunia memang terbagi ke beberapa golongan;

Sebagian menganggap sangat serius wabah Corona, sebagian lagi gak terlalu peduli, sebagian menjadikan humor meskipun dalam hati sih takut, sebagian lainnya menjadikan lahan bisnis...

Yo namanya juga manusia, ya beda-beda cara dalam menghadapi problematika kehidupan...

Kenapa saya kok cukup concern? Mungkin karena saya ngikutin dari awal, sejak belum masuk Indonesia, dan karena saya rutin menikmati update tentang Corona.. duuh..

Moga2 kita semua terhindar lah ya...

Jikalaupun ada yang meninggal, ya saya yakin itu karena memang sudah waktunya, kan usianya juga kebanyakan memang sudah sepuh2... Ketika sistem kekebalan tubuhnya mungkin tak sekuat saat muda...

Bukan berarti yang muda itu terbebas, ya kita berusaha yang terbaik lah ya untuk menjaga diri kita... sisanya; serahkan pada yang Maha Kuasa.

Anyway, misal gue (na'udzubillah) mati sebab Corona ini, tolong maapin salah2 gue yak, utang2 gue yang kecil dan gak disadarin tolong ikhlasin, yang agak gede ya tagih aja ke ortu gue.. :D dan doain gue semoga punya Iman pas narik nafas terakhir... aamiin.

oh iya, tolong juga untuk tak menyebar aib gue selama idup atau mati :D


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Cara mudah terhindar dari Virus Corona/ COVID-19"

Post a Comment