CERITA; Touring Motor ke Jogja PP 1000 Km, segini biaya konsumsi bensinnya, setelah mendaki gunung lewati lembah sebrangi neraka


Berapa biaya untuk konsumsi BBM motor dalam agenda touring motor ke Jogja PP dari Subang?

Sedikit cerita...

Kali ini kita ngomongin BBMnya saja dulu ya, soal cerita touringnya ntar kalau udah agak kiyeng..

MOTOR yang elmuha pakai pada kesempatan touring kali ini adalah motor naked-sport 150 cc SOHC dari Yamaha. Vixion.

Jenis BBM yang elmuha pakai adalah PERTAMAX campur PERTALITE.

Jadi, emuha udah biasa banget selalu pakai Pertamax yang harganya 9000 rupiah itu...

Tapi pas baru ngisi Rp 50.000 yang artinya dapet sekitar 5.55 liter, eh kok kurang enak ya tarikan atasnya...

Halus memang halus, tapi agak ngeden gitu di gear final... tumben.

Lucu ya, bagaimana ngaruhnya ya kan? Tapi percayalah, emang ngaruh.

Lalu elmuha putuskan untuk mampir lagi di SPBU untuk isi Pertalite, sebesar 50.000 rupiah juga. Yang artinya ada tambahan BBM sebanyak  6.53 liter.

Pas berangkat dari rumah di Subang memang tangkinya agak kosong.. makanya baru jalan beberapa ratus meter langsung isi bensin.

Nah, total kan berarti terisi 12 liter ya... sesuai lah dengan kapasitas full tank-nya Vixion.

Cara bawa motor elmuha adalah, ngebut kalau bisa ngebut, santai kalau di depan ada halangan... Tapi relatif agresif di dalam kota.. Di luar kota cenderung agak nyantai...


Sampai di Semarang, belok ke kanan, tembus jalur tengah melewati desa-desa, kondisi jalannya naik turun gunung...

Pokoknya disiksa banget lah motornya, tentu saja berefek pada konsumsi bensin yang biasanya lebih boros..

Oh iya lupa, perjalanan 120 Km pertama adalah kondisi hujan rintik, gerimis agak deres gitulah...

Oke...

Sampai Jogja, muter2 kota relatif santai karena di Kota Jogja gak bisa ugal-ugalan, wkwk... Kecuali di jalan Ringroad, mungkin lumayan lah buat narik gas..

Kalau di total, perjalanan di dalam kota Jogja mungkin cuma 50an Km saja... Baru nyampe Jogja di jam 8/9an itu langsung muterin Jl. Malioboro, terus mampir di minimart deket Keraton Jogja itu, sambil nyari kamar, terus ya gitu lah pokoknya...

Nginep di OYO malam ke1, malam ke2-3 nginep tempat sodara yang ngekost di Jogja. Padahal kemarin orang kita pada ngeboikot produk Indiahe yakk??

Lalu, malam sebelum pulang...

Saya isi bensin lagi di SPBU Pertamina,

Isi 50.000 rupiah Pertalite...

Lalu langsung tambah 50.000 Pertamax, ternyata di angka Rp 35.000, tangki udah liber...

Jadi, total yang elmuha masukkan adalah 185.000 rupiah...

Isi pas berangkat, 12 liter campuran Pertamax 5.5 liter + Pertalite  6.5 liter.

Isi kedua, Pertamax 3.88 liter + Pertalite 6.5 liter = 10.4 liter.

Jalur pulangnya relatif dibawa santai tapi ngebut di jalan kosong yang arah Cilacap...  Maksimal cuma 110 aja on speedo... Santai tapi kenceng... gitu lah... Enggak agresif...


Sampai daerah Kebumen, jalanan agak naik-turun tapi gak seekstrim waktu berangkat nembus arah Magelang.. Begitu terus sampai daerah sebelum masuk Brebes, saya gak apal ee... Yang berasa tuh suhu udara, dari yang kalem, tiba2 gersang, hahaha...

Mulai dari daerah Cirebon, pembawaan saya cenderung agresif, diguyur hujan sejak sebelum Brebes btw...

Yup, dari Cirebon sampai rumah di Subang, tergolong ngebut agresif...

Kalau kita hitung...

Maka, 950 Km (bukan 1000 kayak di judul, itu biar bagus aja judulnya. Tapi kalau ngitung perjalanan PP Subang-Bekasi (rumah kontrakan saya) maka totalnya kan 1150 Km :p )

950 Km / 22.4 liter = 42.4 Km per liter

DENGAN CATATAN, sisa bensin di tangki masih buanyak...

Saya asumsikan dengan sisa bensin tsb, minimal jarak 100 Km sih aman...

Maka, 1050 / 22.4 liter = 46.87 Km per liter...

Sebenernya pas mau ke Bekasi, saya isi lagi Pertamax + Pertalite, lebih dari 50rb, 60 apa 70 rb gitulah, lupa kalau saya lagi ngitung konsumsi BBM, mestinya kan saya isi full :D

Jadi ya gitu... kesimpulannya;

MOTOR SAYA IRIT, wkwk...

Saya kurangi deh, 45 Km per liter aja wis, tapi banyak dibawa kenceng, mendaki gunung lewati lembah, dan sebrangi neraka.. kan katanya jalur Pantura tuh jalur neraka?? eh iya gak sih?? wkwk.

Not bad lah...

160 rb insyaAllah cukup buat touring motor PP Jogja jarak 950 Km... itu pakai setengah Pertamax, setengah Pertalite...


Kalau masbro pakai Pertalite doang, ya lebih hemat lagi.. Atau Premium?? Masih cukup banyak SPBU yang jual ya ternyata.. baru dong saya :D

Saya yakin motor2 umum macam CB150, PCX, NMAX, dll juga gak susah dapet 45 kpl, malah mungkin lebih irit..

Nah...

Kalau BONCENGAN, 160 dibagi dua ; 80 rb per orang.. Pulang-Pergi...

Gak perlu rental motor di Jogja...

Yaaa.... hemat banget sih... asal kuat aja nangkring di motor selama 10-15 jam, kkk...

Oh iya belum cerita berapa lama waktu tempuhnya yak...

Pokoknya 12 jam tuh nyampe... Itu tuh dengan hadirnya gangguan tilang yang ngurusnya lumayan luama banget, plus berhenti beberapa kali...


Pas pulang, saya hitung sih kalau gak hujan sehingga saya harus berhenti beberapa kali karena deres banget gak keliatan jalannya, serta di jalan ya pelan2 juga karena emang hujan deres... Itu 10 jam nyampe dengan aman.. Tapi kemarin ya podo wae hampir 12 jam nyampe rumah.. 450 Km..

Normalnya sih, kata sepupu gua, itu 13 jam bahkan lebih.. Ya andai saya kemarin berboncengan mungkin malah bisa 15 jam mereun :D


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "CERITA; Touring Motor ke Jogja PP 1000 Km, segini biaya konsumsi bensinnya, setelah mendaki gunung lewati lembah sebrangi neraka"

Post a Comment