Ini Amalan yang bisa kita lakukan di malam Nisfu Sya'ban

KH Sholeh Darat menjelaskan dalam kitab Fadlilah al-Muharram wa Rajab wa Sya'ban bahwa malam Nisfu Sya'ban adalah hari raya bagi para Malaikat. Sebagaimana Lailatul Qadar juga sama-sama malam hari rayanya Malaikat.


Hadratussyekh Muhammad Hasyim Asy'ari (Pendiri NU) dan KH. Ahmad Dahlan (Pendiri Muhammadiyah) mengajak kita sebagai Umat Islam untuk beribadah sebanyak-banyaknya di malam hari. Untuk amalan malam Nisfu Sya'ban, kita bisa melakukan shalat malam, lalu puasa di keesokan harinya (mudah-mudahan besok inget). Allah berjanji akan mengampuni hambanya yang minta ampunan di malam Nisfu Sya'ban.

KH Sholeh Darat mengajarkan membaca Surat Yasin tiga kali saat malam Nisfu Sya'ban, ini diambil dari sebagian ahli 'Ulama.

Niat membaca Yasin masing-masingnya adalah sbb;

Yasin pertama diniatkan untuk panjang umur dalam kondisi taat pada Allah.

Yasin kedua, diniatkan untuk tolak bala dalam seumur hidup kita (maka dalam kondisi kita yang sedang diwabah virus covid-19, kita juga bisa niatkan dan berdo'a agar wabah ini segera berlalu, aamiin.

Yasin ketiga, diniati meminta kecukupan selama hidup. Meminta rejeki yang cukup dan barokah...

Keutamaan malam Nisfu Sya'ban ini dijelaskan oleh Malaikat Jibril bahwa di malam ini Allah akan membuka semua pintu langit. Semua pintu langit ini dijaga oleh para Malaikat dengan bersujud, ruku', berdo'a, dan menangis hingga meminta agar do'a Ummatnya Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam dikabulkan..

So,

Di malam Nisfu Sya'ban (ntar malem), kita ba'da Maghrib baca Yasin 3 kali, terus malamnya sholat malam, dan besok pagi kita puasa..

Semoga dengan do'a2 yang dipanjatkan, wabah yang saat ini sedang melanda Indonesia dan dunia bisa segera berlalu, aamiin ya Allah. Dan jikalaupun usia kita ternyata tak panjang, maka semoga matinya kita sedang dalam kondisi beriman pada Allah.. Aamiin.


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "Ini Amalan yang bisa kita lakukan di malam Nisfu Sya'ban"

Post a Comment