One Day, One Juz Al-Qur'an... Cara mudahnya seperti ini... Enak pas lagi GALAU ya kan...

Sehari ada 5 kali Sholat Fardu...

Kalau 1 Juz dibagi 5, maka Ba'da Sholat itu kita minimalnya hanya membaca 2 lembar atau 4 halaman Al-Qur'an.

Banyak atau sedikit 4 halaman itu tentu tergantung dari seberapa lancar membacanya..

Kalau sudah sangat lancar, 2 lembar itu bisa selesai dalam waktu 5 - 10 menit, dengan tempo ala nderes..

Standarnya kisaran 10-15 menit mungkin ya..

Karena barusan saya coba, membaca 1 halaman itu ternyata perlu 1 menit 20 detik, dengan tempo cepat tapi gak terlalu cepat. Tapi mungkin terlalu cepat juga sih untuk standar nderes santai :D

Nah, jadi, 10 menit - 15 menit setiap selesai Sholat Fardu, itu kita bisa Khatam 30 Juz dalam 30 Hari Puasa Ramadlan. Atau kalau ternyata 29 hari, ya berarti ada yang double Juz dalam sehari.

Tapi, 

Saya tidak seperti itu..

Karena, kadang Ba'da Maghrib dan 'Isya itu bukan waktu yang ideal bagi saya untuk nderes.

Jadi, Saya biasa nderes santai itu di jam2 berikut... Mungkin bisa ditiru..

Ba'da Dhuha, iya, kalau sempet sholat sunnah Dhuha, maka saya sempatkan baca Al-Qur'an dulu beberapa halaman.

Qoblal Dzuhr, lalu waktu berikutnya adalah sebelum Shalat Dzuhr.. Ini soalnya saya abis mandi gitu kan, terus nungguin masuk waktu Dzuhr, itu enak banget si buat nderes baca Al-Qur'an.

Ba'da 'Asr, iya, setelah Sholat 'Asr itu enak banget buat nderes.

Qoblal Maghrib, ini mungkin paling enak, yaitu nderes baca Al-Qur'an sebelum waktu Maghrib, ya sambil nungguin buka puasa juga ya kan...

Selain waktu di atas,

Saya juga kadang nderes Al-Qur'an di waktu pagi setelah Sholat Shubh, waktu masih remaja dulu saya bisa 1 bahkan 2 Juz abis Shubh...

Tapi pas udah gede, saya agak ngirit suara gitu... Jadi gak banyak-banyak nderesnya kalo pagi.

Dan Ba'da Tarawih.

Ini nih mungkin paling favorit buat banyak orang ya.. tapi tidak untuk saya.

Mungkin... paling baik juga dibandingkan waktu lain... Karena kan ada di Malam Ramadlan... Menemani Sholat Malam Ramadlan yakni Tarawih dan Witr.

Jadi, kalau mau waktu terbaik, mungkin iya sih; memang Ba'da Tarawih/Witr/'Isya...

Nah, seberapa banyak saya membaca dalam satu kali duduk?

Dalam satu bulan Ramadlan, saya belum pernah menargetkan Khatam lebih dari 1x.

Jadi, ya 1x khatam targetnya.

Nah, kemarin itu saya baru mulai nderes di hari ke 3 apa 4 gitu ya kan..

Jadi, ya harus lebih ngebut...

Sekali duduk buat nderes, saya minimalnya 4 lembar atau 8 halaman...

Seringnya ya lebih juga, 5/6 lembar gitu..

Jadi, kalau 4 lembar dikalikan 4x nderes, bisa 1.6 Juz ya kan..

Itu adalah untuk nutup waktu bolong ke depannya juga. Jadi, yang udah-udah itu selalu begitu, menuju akhir itu kadang banyak bolongnya..

Entah karena sibuk ngapain dah gak tau juga...

Oh iya, ada satu lagi waktu yang saya suka nderes Al-Qur'an...

yaitu...

Waktu SEDIH dan GALAU.

Yes, Al-Qur'an itu obat mujarabku ketika sedih, gundah, dan galau...

Saya belum jadi tipe yang suka Sholat Sunnah... Yang kadang2 cuma Dhuha aja...

Mudah2an si nanti bisa rajin Sholat Malam ya, karena saya denger dari ngajinya Gus Baha, yang sangat membedakan kita dengan Umat agama lainnya (culture) adalah, MUSLIM itu melakukan Sholat malam...

Oke...

Sekian...

Inti artikel ini adalah; ngingetin ke kalian buat nderes Al-Qur'an di Bulan Ramadlan tahun ini...

Dan gak harus satu Juz juga sehari, dan gak harus Khatam juga dalam sebulan...

Yang penting adalah... Sempetin, lebih baik lagi, rutinin untuk nderes Baca Al-Qur'an.

WAllahu A'lam


Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "One Day, One Juz Al-Qur'an... Cara mudahnya seperti ini... Enak pas lagi GALAU ya kan..."

Post a Comment