My Opinion Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R

Biar blog ini ada updatenya... Corat-coret ah.. Kali ini tentang satu motor yang belum lama ini dijual resmi. Kalau diluncurinnya sih udah cukup lama ya, dari April apa tah? Lupa.

Kawasaki Ninja ZX-25R, Motor sport 250cc 4 silinder cuyy..


Meskipun sebelumnya motor ini bakal keren banget, tapi yang inden sudah 200 orang, itu di hari pertama dan kedua ketika dibuka jalur pemesanan resminya.. Unit katanya bakal dateng gak lama lagi, hitungan hari?

Dengan banyaknya pemilik Ninja ZX-25R nanti, maka spesialnya mesin 4 silinder ZX-25R berkurang dong?

Ya mungkin dikit..

Ibaratnya sih, diluncurin sejak 2008, Kawasaki Ninja 250 yang dua silinder itu, masih jadi motor impian banyak lelaki dan sedikit perempuan.

Yamaha nyusul 6 tahun kemudian dengan YZF-R25, dan Honda nyusul pakai dua silinder 8 tahun kemudian, tapi kalau yang 1 silinder sih dari 2011 kalau ndak salah, CBU Thailand.

Nah, saya cukup yakin ini hanya tinggal menunggu waktu saja bagi Honda dan Yamaha untuk juga mengeluarkan motor sport cc kecil (250cc ke bawah) dengan jumlah silinder 4 biji.

Atau ada kemungkinan juga Yamaha akan ngikutnya pakai 3 silinder ala MT series? Bisa jadi ya... Biar beda gitu.. Tapi kayaknya si ikut 4 silinder.

Pertanyaannya, seberapa lama lagi Honda dan Yamaha akan ngikut?

Apakah harus nunggu 6 tahun? atau malah 8 tahun?

Hmm... I don't think so yah..

Jadi, kalau dulu di 2008 itu emang Kawasaki terbilang nekad lah, jual motor dengan harga amat sangat mahal dibanding motor2 umumnya zaman dulu ya kan..

Tapi di 2020 ini, kemampuan masyarakat Indonesia meningkat cukup pesat, terutama di kelas menengah..


Makanya, jual motor sport harga mahal sekarang bisa lebih gampang dibanding saat Kawasaki luncurin Ninja 250 Karbu dulu.

Walaupun saya agak yakin si Honda dan Yamaha bakal biarin Kawasaki melenggang sendirian dulu dalam waktu cukup lama.. Untuk apa? Uhm... ada deeeh... tebakan liar saya doang.. Ya secara, mereka semua Japanese loh.

Dan untuk Suzuki, beuuuh... yang dua silinder aja ditungguin kaga nongol2.. Yes, Suzuki GSX-R250 yang patennya sudah didaftarkan itu, tidak kunjung mbrojol.

Atau, bisa jadi Suzuki bakal pakai desain yang kemarin itu untuk GSX-R250 4 silinder? Wah wah wah, semoga yah..

Semoga Suzuki niat lagi bikin motor keren..

Lalu kembali soal ZX-25R, the Ninja..


Harganya 96 juta rupiah untuk versi standar, warna hitam dan tidak punya Quick Shifter dan ABS..

Sedangkan versi ABS SE, harganya 112.9 juta rupiah..

Di bawah prediksi orang-orang, tapi sejak awal elmuha denger dari salah satu media, itu emang lebih rendah dari 120 juta.. Ditambah ada Pandemi Corona, daya beli masyarakat turun, pantas dong harganya jadi dibikin begitu... Dibawah 100 juta brur, dapet motor 4 silinder..

Lalu apa sih yang jadi faktor WOW dari Kawasaki Ninja ZX-25R...

Kalau dibandingin ama Ninja 250, maka yang pertama adalah Upside Down Fork Suspension...

R25 dan CBR250RR sih udah duluan..

Lalu detail desain yang agresif banget, keliat sekilas sama dengan Ninja 250, tapi tidak bro.. beda!


Knalpot under belly, cakeeeep..

Swing arm sedikit banana style...

Dan tentu yang terpenting adalah; MESINNYA.

Dimensinya lebih lebar, jadi motor Ninja ZX-25R ini tidak terlihat kopong, moge looks banget..

Dan suaranya, beuh.. ganti knalpot racing abal-abal aja dijamin langsung merdu juga brur..

Merdu dalam artian enak ya, bukan merdu yang mengayun-ngayun santai.. bukan..

Knalpot stock juga udah enak, cuma kurang gede aja gitu suaranya..

Udah sih, Top speed Ninja ZX-25R ketika ditest di Sentul itu kisaran 188 Km/jam... mantap lah ya lumayan kenceng, banget...


Tapi torsinya lebih kecil sedikit dibanding Ninja 250, sedangkan bobotnya lebih berat.. Jadi, narik di awal lebih enak Ninja 250 2 silinder bro...

Buat nanjak-nanjak juga enak yang dua silinder...

Yang 1 silinder lebih enak dari yang dua silinder, dengan kapasitas sama..

Jadi, begitulah teorinya.. Semakin banyak silinder, semakin turun torsinya.. dengan catatan sama-sama kapasitas mesinnya dan sama-sama modern serta berkompresi tinggi..

Bedanya cuma dikit tapi kalo Ninja ZX-25R vs Ninja 250.. Beda 0.6 Nm apa yaa??

Kalau ganti knalpot, mungkin nambah lah dikit2 yakk?!


Baik demikianlah, harga Ninja ZX-25R memang tidak murah, tapi tidak mahal juga bro.. Asal punya duit mah..

Dan, inilah standar baru motor kecil (250cc ke bawah) flagship!

Ninja 250, R25, CBR250RR bukan lagi jadi motor terkeren dan idaman.. Naik bro, naiknya ga kira-kira, hampir dua kali lipatnya..

Ya masih mending lah, daripada BPJS, naiknya dua kali lipat lebih dikit (gua kelas 2)..

Malah sambat! :facepalm:

Yaudah..



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)
Ikuti yuk "Oase Iman" lewat FB, "Damaikan hati, cerdaskan akal.."

0 Response to "My Opinion Tentang Kawasaki Ninja ZX-25R"

Post a Comment