Ads

BARANG RETURN JNT-SHOPEE Ngambilnya di mana?

Ini adalah pengalaman elmuha ngurus satu paket yang balik lagi ke penjual gara-gara paketnya gak nyampe ke tangan pembeli.

paketan return ngambilnya di mana

Sebabnya simpel; toko si pembeli diharuskan tutup max jam 1 siang karena adanya PPKM, namun kurir JNT datengnya lebih dari jam 2 terus. 

Kalau ngelacak resi, kurang jelas berapa kali kurir mengantarkan barang ke alamat pembeli.

Yang jelas, proses dari berangkat sampai balik lagi ke tangan, itu 10 hari. Mulai dari tanggal 9 lepas dari tangan, hingga tanggal 19 baru mendarat di tangan lagi.

Sedangkan kalau ngelacak resi, itu hanya satu hari aja ketika gak ada keterangannya.

Saya tuh jujur si agak menyayangkan ya karena masalah ini sepele banget.

HARUSNYA kurir kan bisa menghubungi NOMOR HP yang udah SUSAH PAYAH ditulis oleh pembeli kan?

Tapi entahlah, mungkin udah menghubungi bisa juga sih.

Tapi gak memungkinkan karena adanya PPKM.

So, saya memaklumi JNT dan memaklumi pembeli juga. 

Dua-duanya udah menanggung masalah masing-masing.

Yang dirugikan banget itu biasanya penjual, karena barang bisa gak balik.

Kok bisa?

Karena mungkin males ngurusnya, I don't know!

Yang jelas sih kemaren saya tanya ke counter JNT sini, dan dia bilang bahwa PAKET RETURN memang tidak akan diantar oleh kurir ke alamat penjual.

Alias,

Kita penjual yang harus ngambil ke counter, ya gak masalah karena hampir tiap hari kan kirim paket, jadi bisa sekalian.

So, menjawab pertanyaan di judul, ngambil paket return tu di manaaa?

Di counter terdekat.

Kalau kasusnya sama seperti saya; maka di counter/ agen JNT Terdekat.

Kalau JNE atau SiCepat gak tau dah ketentuan return-nya gimana, tanyakan saja ke staf counter terdekat yaa...

Ini saran saya buat pembeli dan penjual;

Buat pembeli; Pliis banget, kalau barang udah ada di tangan ekspedisi, baik itu JNT, JNE, SiCepat, Anter Aja, dll, maka jangan salahin penjual ya kalau ada masalah dalam pengiriman. Itu hampir pasti bukan salah penjualnya.

Jadi misal ada masalah dalam penerimaan, jangan main minta cancel ya, kasian penjualnya kalau misal barangnya gak balik. 

Dateng aja ke counter ekspedisinya terus tanyakan barang ada di mana. Hampir pasti paketan itu akan selalu terlacak posisinya, jangan khawatir.

Buat kurir ekspedisi: Jangan remehkan paketan yang udah ditunggu oleh pembeli yaa, bisa jadi lagi butuh banget, maka 1 hari saja telat itu udah super ngeselin. Apalagi kalau sampai dibalikin lagi ke penjual gara-gara alamat pembeli gak ada orangnya. Rugi waktu dan pikiran. 

Terakhir, yaudah sama-sama maklum aja lah.

Kurir ekspedisi apapun itu juga punya tanggung jawab berat banget loh ngirimin paket yang bejibun banyaknya.

Sebagai konsumen yang baik, pastikan segala sesuatunya gak bikin rempong kurir ya. 

Misal toko atau rumah tutup, sampaikan aja pesan pakai kertas misalnya (saya pernah), misal titipkan ke warung sebelah. 

Saling memudahkan jadinya...



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

Thank you.

...