Ads

Khasiat & Fadhilah Surat Yasin, BAGI YANG PUNYA HUTANG!

Surah Yasin di Indonesia biasa dibaca di acara tahlilan atau genduri, saat malam Jum'at, ataupun ketika ada orang meninggal dan saat berziarah kubur.

Namun bagi sebagian orang, Surah Yasin dibaca setiap hari, ada yang ba'da 'Asr ada yang ba'da Maghrib ataupun di waktu lainnya. Biasanya karena adanya amalan dan hajat.

Secara urutan, Surah Yasin adalah surah ke 36 yang terdiri dari 83 ayat serta masuk dalam kelompok Surah-Surah Makkiyah atau Surah yang diturunkan di Mekkah, sebelum Rasulullah hijrah ke Madinah.

Arti kata Yasin yang mengawali Surah ini tidak diartikan secara jelas dan diberikan keterangan Allahu A'lam. 

Namun pernah dijelaskan sedikit di salah satu ngaji Kyai, bahwa kalau kita lihat ayat-ayat berikutnya, maka Ya Sin atau Yasin ini artinya merujuk pada Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam.

"Ya Sin, Demi Al-Quran yang mengandung Hikmah, bahwa kamu termasuk golongan Rasul yang berada dalam Jalan Lurus, dst...."

Selain untuk "orang meninggal" sebenernya fadhilah atau keutamaan Surah Yasin itu ada banyak lagi lainnya. Surah ini bisa dibilang "POWERFUL" bagi yang punya hajat. 

Itulah kenapa tidak mengherankan jika banyak amalan-amalan yang salah satu bacaannya adalah Surah Yasin.

Lalu apa saja khasiat, manfaat, dan fadhilah Surah Yasin?

Selain tentu saja mendapatkan 10 kebaikan dari setiap huruf dan pahala membaca Al-Qur'an.

1. Hati Lapang dan GEMBIRA

Barangsiapa yang membaca Surah Yasin di pagi hari maka dia hatinya akan lapang dan merasakan kegembiraan hingga malam hari. Barangsiapa yang membaca Surat Yasin di malam hari, maka pasti dia akan lapang hatinya serta memperoleh kegembiraan hingga pagi harinya. ('Ulama ahli hikmah)

Jadi, agar bisa memiliki hati lapang dan gembira seharian, bacalah Surah Yasin di permulaan hari dan permulaan malam. Idealnya dibaca setelah Sholat Shubuh dan setelah Sholat Maghrib.

2. DOSA Seharian DIAMPUNI

Barangsiapa membaca Surah Yasin di malam hari, maka dia diampuni dosanya pada esok harinya. (Hadist)

Jadi, membaca Surat Yasin bukan hanya meringankan dosa mayit namun juga bisa mengurangi dosa kita. Dosa pada siang hari diampuni jika kita membaca Surah Yasin di malam hari. 

Namun menurut ngaji Kyai, dosa-dosa yang diampuni itu dosa yang masuk kategori bukan dosa berat. Jadi bukan dosa seperti membunuh, atau lainnya yang juga berat. 

3. Meringankan SIKSA Ahli Kubur dan dapet pahala seperti Ahli Kuburnya.

Inilah alasan kenapa peziarah umumnya membaca Surah Yasin ketika berziarah, misalnya ziarah kubur ke keluarga. Karena Barangsiapa membaca Surah Yasin ketika berziarah ke kubur maka itu bisa meringankan siksa ahli kubur itu, serta memperoleh kebajikan ahli kubur. (Hadist)

Jadi, dalam ibadah mendoakan orang lain termasuk ada Tahlil dan Ziarah kubur, itu pasti keutamaannya akan dirasakan baik bagi yang menerima do'a maupun yang mendo'akan. 

4. KEINGINAN PASTI TERKABUL

Ini masuk ke bentuk amalan ya. 

Jika Surah Yasin dibaca sebanyak 41x ketika mempunyai keinginan apa saja baik itu urusan duniawi maupun urusan lainnya maka pasti akan dikabulkan. Dan ini bisa dilakukan secara berjama'ah dibaca oleh 41 orang atau misal 21 orang dan 20 orangnya membaca dua kali Surah Yasin. 

Keinginan tentu harus yang bukan keinginan yang berdosa ya. 

Dan harus yakin pasti akan dikabulkan karena syarat diijabahnya do'a itu kita harus yakin 100% tanpa keraguan bahwa do'a kita akan dikabulkan oleh Allah. 

5. Lepas dari Kesusahan hidup dan HUTANG

Barangsiapa mengalami kesulitan hidup, terlilit hutang, takut pada suatu hal, maka bacalah Surat Yasin sebanyak 3x, maka akan lepas kesusahannya, dan hilang rasa takutnya.

Jadi, dalam menghadapi permasalahan hidup, kita itu bisa mengusahakan agar hati kita tetap tenang dan tidak pusing, dan tidak susah, pokoknya biasa aja rasanya walau di mata orang lain hidup kita susah banget, ya itulah kedasyatan Al-Qur'an. 

Praktekin deh.

Ketika kalian lagi berurusan sama orang, apapun bentuknya; bacalah Al-Qur'an, tidak harus Surah Yasin, itu hati kita langsung tenang dan tidak bergantung lagi pada orang dan hilang rasa takut kita karena kita bergantung hanya pada Allah. Saya udah rasain berkali-kali.

Nah, apakah hutang akan terlunasi? maka baca point nomor 6 berikut!

6. Menambah Rizqi, Menyembuhkan Penyakit, Mencari Jodoh, dan Dimudahkan dalam Menghadapi Ujian Hidup

Dalam sebuah hadist, disebutkan “Yasin lima quriat lahu”.

Maknanya, fadhilah Surah Yasin itu adalah sesuai niat pembaca. 

Jadi, ketika kita akan membaca Surat Yasin lalu kita niatkan agar kita mendapatkan rezeki lebih, maka manfaat yang akan didapatkan adalah ditambahnya rejeki.

Atau berhubungan dengan point nomor 5, agar hutang kita cepat lunas, maka bacalah Surah Yasin dengan niat agar dimudahkan dalam melunasi hutang.

Ketika kita berharap penyakit kita sembuh, atau penyakit orang lain yang kita bacakan Yasin di sampingnya, maka insyaAllah manfaat yang didapatkan adalah sembuhnya penyakit. 

Jika dibaca pada orang yang sedang sekarat, juga akan memberikan bekal kepadanya ketika nanti meninggal.

Jadi, jika kalian memiliki hajat apapun, maka bacalah Surah Yasin dengan niat sesuai kebutuhan kalian, insyaAllah kebutuhan dan keinginan kalian akan dikabulkan Allah.

Wallahu A'lam. 



Mohon share jika dan hanya jika info ini bermanfaat atau menginspirasi :)

0 Response to "Khasiat & Fadhilah Surat Yasin, BAGI YANG PUNYA HUTANG!"

Post a Comment